Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika di Masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas
Abstract
Sejak pandemi Covid-19 menyulitkan pengajar untuk memenuhi kewajiban mengajarnya, sekolah diwajibkan untuk menetapkan sistem pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT). Hal ini mengakibatkan pengurangan waktu belajar, yang mendorong siswa untuk melakukan lebih banyak belajar mandiri, dengan belajar mandiri tentunya banyak siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika khususnya soal matematika berbentuk cerita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kesulitan yang dihadapi siswa ketika menyelesaikan soal cerita matematika di masa pembelajaran tatap muka terbatas. Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif secara kualitatif. Tes dan wawancara dilakukan sebagai bagian dari proses pengumpulan data. Instrumen yang digunakan terlebih dahulu diuji validitasnya. Siswa kelas VII-2 SMP Negeri 2 Babelan dijadikan sebagai subjek penelitian yang meliputi siswa dengan kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita di masa pembelajaran tatap muka terbatas ialah: (a) siswa tidak mengetahui langkah-langkah penyelesaian soal cerita (b) kesulitan memahami soal. (c) Ketidakmampuan siswa dalam mengubah kalimat cerita menjadi model matematika. (d) Siswa kurang teliti dalam pengerjaan dan cenderung lupa dengan materi yang telah diajarkan sebelumnya. (e) Kesulitan peninjauan kembali. (f) Pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas yang dilakukan dengan membatasi jam belajar menimbulkan siswa tidak dapat memahami materi dengan baik.
Downloads
References
Aminah, A., & Ayu Kurniawati, K. R. (2018). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Topik Pecahan Ditinjau Dari Gender. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 2(2), 118. https://doi.org/10.31764/jtam.v2i2.713
Ansyori Gunawan. (2017). ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 59 KOTA BENGKULU. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10 (1) 2017. Hal.1-10, 3(April), 49–58.
Argarini, D. F. (2018). Analisis Pemecahan Masalah Berbasis Polya pada Materi Perkalian Vektor Ditinjau dari Gaya Belajar. Matematika Dan Pembelajaran, 6(1), 91. https://doi.org/10.33477/mp.v6i1.448
Basuki, R. N., & Chotimah, S. (2021). Analisis Keesalahan Siswa Smp Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Perbandingan. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(3), 691–698. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.691-698
Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 315–322. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.110
Indriawati, M., & Retnawati, H. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Materi Perbandingan Pada Saat PTMT. 5(2721), 1–8.
Kemdikbud RI. (2021). Buku Saku Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). In Buku Saku: Vol. (Issue, p. ).
La Ode Onde, M. K., Aswat, H., Sari, E. R., & Meliza, N. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (TMT) di masa New Normal terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6). https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1449
Masita. (2020). Kesulitan, Analisis Dalam, Siswa Cerita, Soal Sosial, Aritmatika Studi, Program Matematika, Tadris Tarbiyah, Fakultas Keguruan, D A N Islam, Universitas Sulthan, Negeri Jambi, Saifuddin.
Nora Surmilasari, F. H. F. Y. H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Intruction (PBI) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Inovasi Matematika, 1(2), 144–151. https://doi.org/10.35438/inomatika.v1i2.154
Nurajizah, S., & Fitriani, N. (2020). Analisis Kesulitan Peserta Didik Dalam Matematika Kelas VII. Maju, 7(1), 76–82.
Polya, G. (1985). Polya_HowToSolveIt.pdf.
Rahmawati, A. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berbasis Pembelajaran Pemecahan Masalah Kelas V SD Negeri Gebangsari 03. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 1(2). https://doi.org/10.14421/jppm.2019.012-05
Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.
Sulistiyorini, & Setyaningsih, N. (2016). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pemecahan Masalah Soal Cerita. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1–9.
Utami, N. D. (2017). Kesulitan pada siswa kelas xi dalam menyelesaikan soal geometri ditinjau dari level berpikir. Universitas Muhammadiyah Surakarta. https://core.ac.uk/download/pdf/148614186.pdf
Wibowo, A. T. (2016). Analisis Kesulitan Siswa Kelas VIII C dan VIII F SMP Negeri 2 Piyungan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok. Skripsi:Universitas Sanata Dharma, 2016. https://repository.usd.ac.id/6816/2/111414033_full.pdf
Copyright (c) 2022 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.