Penerapan E-Learning Berbasis Google Sites untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills Peserta Didik Kelas VIII SMPN 27 Makassar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) HOTS peserta didik kelas VIII SMPN 27 Makassar sebelum diajarkan e-learning berbasis Google Sites, (2) HOTS peserta didik kelas VIII SMPN 27 Makassar setelah diajarkan e-learning berbasis Google Sites, (3) kategori peningkatan HOTS peserta didik kelas VIII SMPN 27 Makassar, dan 4) ada perbedaan signifikan lebih tinggi HOTS peserta didik kelas VIII SMPN 27 Makassar setelah diajarkan e-learning berbasis Google Sites daripada sebelum diajarkan e-learning berbasis Google Sites. Penelitian ini merupakan pra-eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga terpilih 2 kelas dengan jumlah 48 peserta didik. Teknik analisis data yaitu deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) skor HOTS peserta didik kelas VIII SMPN 27 Makassar sebelum diajarkan e-learning berbasis Google Sites memiliki rata-rata skor keseluruhan sebesar 6,92 (kategori kurang), (2) skor HOTS peserta didik kelas VIII SMPN 27 Makassar setelah diajarkan e-learning berbasis Google Sites memiliki rata-rata skor keseluruhan sebesar 9,94 (kategori cukup), dan (3) kategori peningkatan HOTS peserta didik kelas VIII SMPN 27 Makassar adalah 0,22 (kategori rendah), dan 4) HOTS peserta didik setelah diterapkan dengan e-learning berbasis Google Sites secara signifikan lebih tinggi dari HOTS sebelum diterapkan dengan e-learning berbasis Google Sites.
Downloads
References
Afrianti, T., & Zainul, R. (2020). Pengembangan E-Learning Materi Hukum Dasar Kimia Di Sekolah Menengah Atas (SMA/MA) Untuk Meningkatkan Kemampuan High Order Thinking Skills. Jurnal Fisika: Seri Konferensi , 1-6.
Ambarita, R. A., Yunastiti, & Indriayu, M. (2019). Penerapan E-Learning Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking (Hots) Siswa. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED, 315-323.
Anggareni, N. W., Ristianti, N. P., & Widiyanti, N. L. (2013). Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemahaman Konsep Ipa Siswa Smp. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha .
Arikunto. (2005). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Sagung Seto.
Fazira, S., Suryanti, Ferazona, S., & Tengku. (2019). Analisis Higher Order Thinking Skills (Hots) Siswa Kelas Xi Pada Materi Sistem Pernapasan Sman Plus Provinsi Riau Tahun Ajaran. Jurnal Pelita Pendidikan, 7(4), 144-152. DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v7i4.14992
Forawi, S. A. (2016). Standard-Based Science Education And Critical Thinking. (Studi Pada Materi Pokok Usaha Dan Pesawat Sederhana). Jurnal Ipa Terpadu, 5(1), 64-74.
Ibrahim, A., Alang, A. H., Madi, Baharuddin, Ahmad, M. A., & Darmawati. (2018). Metodologi Penelitian. Gunadarma Ilmu.
Megawati, Wardani, A. K., & Hartatiana. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Model PISA. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 15-24. DOI https://doi.org/10.22342/jpm.14.1.6815.15-24
Nurhidayah T. (2020). Deskripsi Kesulitan Siswa Menyelesaikan Soal Pisa pada SMP Negeri 27 Makassar. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
OECD. (2019). Pisa 2018 Assesment And Analytical Framework. Paris: Oecd Publishing.
Prasetyani, E., Hartono, Y., & Susanti, E. (2016). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas XI Dalam Pembelajaran Trigonometri Berbasis Masalah di SMA Negeri 18 Palembang. Jurnal Gantang, 1(1), 34-44. https://doi.org/10.31629/jg.v1i1.4
Sukesti, R., Handika, J., Kurniadi, E. (2020). Pengaruh Electronic Learnimg Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 95-100.
Rahmatia, M., Monawati, & Darnius, S. (2017). Pengaruh Media E-Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 20 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 212-227.
Rohmah, F. A., & Nurita, T. (2017). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Smp Pada Materi Getaran Dan Gelombang. E-Journal Pensa, 222-225.
Sari, I. P., Rahmah, P. J., & Arifah, M. N. (2021). Pengaruh E-Learning Terhadap Hots (Higher Order Thinking Skills) Mahasiswa Universitas Islam Indonesia. Jurnal Mahasiswa Fiai-Uii At-Thullab, 442-454.
Taufik, M., Sutrio, Syahrial A, Sahidu, H., & Hikmawati. (2018). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Web Kepada Guru Ipa Smp Kota Mataram. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 77-81.
Uaenah, E., Ardelia, E., Ristiana, Anggestin, T. (2020). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Pegukuran Panjang di Kelas IV. Bintang: Jurnal Pendidikan dan Sains, 2(1), 83-93. DOI 10.36088/bintang.v2i1.803
Tulljannah, R., & Amini, R. (2021). Model Pembelajaran RADEC Sebagai Alternatif Dalam Meningkatkan Higher Order Thinking Skill Pada Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar: Systematic Review. JURNAL BASICEDU, 5508 -5519.
Copyright (c) 2022 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.