Pengaruh Penggunaan E-Modul Asam Basa Berbasis Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMA Fase F

  • Dinda Kimala Defri Universitas Negeri Padang
  • Yerimadesi Yerimadesi Universitas Negeri Padang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan e-modul asam basa berbasis guided discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik SMA fase F. Penelitian quasi experimental ini menggunakan desain randomize control-group posttest only design. Populasi terdiri dari 177 orang peserta didik kelas XI fase F SMA tahun ajaran 2022/2023. Pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan memilih dua dari lima kelas secara acak. Sampel yang terpilih terdiri dari 36 orang peserta didik kelas eksperimen dan 35 orang peserta didik kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes yang berjumlah 15 soal. Data hasil belajar dianalisis dengan menggunakan independent t test karena terdistribusi normal dan memiliki variansi yang homogen. Dari hasil analisis data diperoleh sig (2-tailed) < 0,05; yang berarti hasil belajar kelas eskperimen lebih tinggi secara signifikan dari kelas kontrol. Disimpulkan bahwa penggunaan e-modul asam basa berbasis guided discovery learning berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik SMA fase F.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: E-Modul, Fase F, Guided Discovery Learning, Hasil Belajar

References

Afrilianti, N., & Yerimadesi. (2021). Validity and Practicality of Acid-Base E-Module Based on Guided Discovery Learning for Class XI SMA. Edukimia, 28(2), 307–314. http://edukimia.ppj.unp.ac.id/ojs/index.php/edukimia/article/view/118

Alvi, N. V., & Yerimadesi, Y. (2022). Effectiveness of the Acid-Base E-Module Based on Guided Discovery Learning on the Students Learning Outcomes of Class XI Students at SMAN 7 Padang. Pancaran Pendidikan, 11(2), 1–8. https://doi.org/10.25037/pancaran.v11i2.387

Badan Standar Kurikulum dan Assesmen Pendidikan. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Bayharti, B., Azumar, O. R., Andromeda, A., & Yerimadesi, Y. (2019). Effectiveness of redox and electrochemical cell module based guided discovery learning on critical thinking skills and student learning outcomes of high school. Journal of Physics: Conference Series, 1317(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1317/1/012144

Destrini, H., Nirwana, N., & Sakti, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Discovery Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Kumparan Fisika, 1(1), 13–21. https://doi.org/10.33369/jkf.1.1.13-21

Fajrin, S., Haetami, A., & Marhadi, M. A. (2020). Identifikasi Kesulitan Belajar Kimia Siswa Pada Materi Pokok Larutan Asam Dan Basa Di Kelas Xi Ipa2 Sma Negeri 1 Wolowa Kabupaten Buton. Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo, 5(1), 27–34. https://doi.org/10.36709/jpkim.v5i1.13106

Fitriani, M., & Yerimadesi, Y. (2022). Pengaruh Penerapan Model Guided Discovery Learning Berbasis Lesson Study for Learning Community terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Kesetimbangan Kimia di SMAN 5 Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 7948–7954. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/3652%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/3652/3089

Fitriyanti, A., & Yerimadesi. (2023). Efektivitas E-Modul Hidrokarbon Berbasis Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI Di SMAN 13 Padang. Jurnal Ilmiah, 23(1), 730–735. https://doi.org/10.33087/jiubj.v23i1.3036

Hasibuan, S. R., & Andromeda. (2021). Efektivitas Penggunaan E-Modul Sistem Koloid Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Laboratorium Virtual Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMAS Nurul ‘ Ilmi. Ranah Research:Journal of Multidiciplinary Research and Development, 3(2), 7–12.

Kristalia, A., & Yerimadesi, Y. (2021). Efektivitas E-Modul Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit Berbasis Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 5(2), 54–59. https://doi.org/10.23887/jjpk.v5i2.37910

Latisma. (2011). Evaluasi Pendidikan. Padang: UNP Press.

Muntari, Haris, M., Sukib, & Yanti, E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X SMAN 4 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 4(2), 100–105. https://doi.org/10.29303/jipp.v4i2.89

Rahayu, R. G., & Yerimadesi. (2022). Efektivitas Modul Stoikiometri Berbasis Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 425–430. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.626

Rahmi, S., & Yerimadesi. (2022). Efektivitas E-modul Titrasi Asam Basa Berbasis Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMAN 7 Padang. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 682–689. https://doi.org/https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.633 Efektivitas

Rini, A. P., Sa’diyah, I. K., & Muhid, A. (2021). Model Pembelajaran Guided Discovery Learning, Apakah Efektif dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa? Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2419–2429. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.641

Said, E. Y. F., & Yerimadesi, Y. (2021). Efektivitas Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Edukimia, 3(1), 004–008. https://doi.org/10.24036/ekj.v3.i1.a154

Sakinah, M., & Yerimadesi. (2022). The Effects of E-Module with Guided Discovery Model on Students Learning Outcomes in Electrolyte and Nonelectrolyte Solution. Jurnal Pendidikan MIPA, 23(2), 496–504.

Pepteti, S., & Latisma. (2022). Deskripsi Kesulitan Belajar Siswa Kelas XI MIPA SMAN 2 Solok Selatan Pada Materi Hidrolisis Garam. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 402–409. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.629

Santoso, S. (2012). Panduan Lengkap SPSS Versi 20. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Saputro, M. N. A., & Pakpahan, P. L. (2021). Mengukur Keefektifan Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Joeai (Journal of Education and Instruction), 4(1), 24–39. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/joeai.v4i1.2151

Smitha, V. P. (2012). Inquiry training model and guided discovery learning for fostering critical thinking and scientific attitude. (First edition). Vilavath Publications, Kozhikode.

Supliyadi, Baedhoni, M. I., & Wiyanto. (2017). Penerapan Model Guided Discovery Learning Berorientasi Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Profesi Keguruan, 3(2), 205–212.

Tae, L. F., Ramdani, Z., & Shidiq, G. A. (2019). Analisis Tematik Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Siswa dalam Pembelajaran Sains. Indonesian Journal of Educational Assesment, 2(1), 79–102. https://doi.org/10.26499/ijea.v2i1.18

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wahyuni, D., Sari, M., & Hurriyah. (2020). Efektifitas E-Modul Berbasis Problem Solving Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Perserta Didik. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 6(2), 2477–6181. http://www.seminar.uad.ac.id/index.php/quantum/article/view/226

Yerimadesi, Y., Kiram, Y., Lufri, L., Festiyed, F., & Guspatni, G. (2019). Validity and practicality of guided discovery learning models for chemistry learning in senior high school. Journal of Physics: Conference Series, 1317(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1317/1/012149

Published
2023-03-14
How to Cite
Dinda Kimala Defri, & Yerimadesi, Y. (2023). Pengaruh Penggunaan E-Modul Asam Basa Berbasis Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMA Fase F. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(1), 218-223. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i1.847
Abstract viewed = 577 times
PDF downloaded = 393 times