Analisis Kebutuhan Mahasiswa Pendidikan Fisika pada Mata Kuliah Metode Eksperimen Fisika Universitas Jambi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan mahasiswa pendidikan fisika Universitas Jambi pada mata kuliah metode eksperimen fisika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan analisis data kualitatif deskriptif, instrumen dalam penelitian ini adalah angket wawancara dengan jumlah sampel 5 mahasiswa. Dari hasil penelitian terdapat bahwa pada mata kuliah metode eksperimen fisika mahasiswa sudah melakukan pembuatan proyek akan tetapi mereka belum memiliki lembar proyek mahasiswa sebagai pedoman mereka dalam pembuatan proyek-proyek tersebut, sehingga itulah yang membuat mereka kesusahan dalam pembuatan proyek-proyek mata kuliah metode eksperimen fisika karena meraka harus mencari sendiri dari ide proyek apa yang akan dibuat, alat dan bahan hingga langkah-langkah pembuatan proyek tersebut. Dari penelitian yang telah di lakukan dapat simpulkan bahwa kebutuhan mahasiswa pendidikan fisika Universitas Jambi pada mata kuliah metode eksperimen fisika adalah media pembelajaran berupa lembar proyek mahasiswa.
Downloads
References
Arikunto. (2009). Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Dan Prestasi Belajar Siswa. DIADIK : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, ISSN 2089-483X, 7(2), 132–140.
Budi Haryanti, N., Aji Prabowo, P., Ariyanti, S., SDN Babakan, G., SDN Mawar Saron, G., Sdn, G., & SDN Jurumudi, G. (2021). Penggunaan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Sifat-Sifat Benda Pada Pelajaran Ipa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Setia Budhi, 4(2), 2021. https://stkipsetiabudhi.e-journal.id/jpd
Dewantara, D. (2018). Perbedaan Kemampuan Analisis Mahasiswa Antara Pembelajaran Berbantuan Schoology dan Edmodo Pada Mata Kuliah Fisika Biologi. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 6(1), 1. https://doi.org/10.33394/j-ps.v6i1.826
Dewi, I. (2006). Penerapan Metode Eksperimen dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Energi Panas pada Siswa Kelas IV SDN No . 1 Balukang 2. 4(1), 199–215.
Kanzul, A. M., & , Wachju Subchan1), S. (2022). analisis kebutuhan dalam mengidentifikasi media pembelajaran modul elektronik interaktif pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(September), 682–689.
Khamidun, D., & Khoiroh, E. M. (2013). Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Konsentrasi Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Pembelajaran Sains. Jiv, 8(1), 46–54. https://doi.org/10.21009/jiv.0801.7
Mardlotillah, A. N., Suhartono, & Dimyati. (2020). Pengaruh Pembelajaran Steam Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Siswa Kelas V Mi Hidayatul Mubtadi’in Jagalempeni. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 7(2), 157–167.
Mayangsari, D., Nuriman, & Agustiningsih. (2014). Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI Pokok Bahasan Konduktor dan Isolator SDN Semboro Probolinggo Tahun Pelajaran 2012/2013. Edukasi Unej, 1(1), 27–31.
Murlin, A., Tawil, M., & Samad, A. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Eksperimen dengan LKPD Terstruktur Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 Sukamaju. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2), 176–186.
Nellyana, & Kamtini. (2017). Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Pengenalan Sains Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Perwanis Sei Batang Serangan Kec. Medan Baru T.A 2016-2017. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 3(1), 40–51. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jhp/article/view/11101
Pasandaran, R., Kartika, D. M. R., & Masni, E. D. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) pada Pembuktian Dalil-Dalil Segitiga. Prosiding Seminar Nasional Universitas Cokroaminoto Palopo, 3, 147–153.
Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 30(1), 79–83. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6548
Sunarsih. (2020). Penerapan Metode Eksperimen Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif. Ideguru : Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(2), 120–128.
Tanjung, R. (2021). Metode Eksperimen Untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ipa Pada Sub Pokok Bahasan Sifat-Sifat Cahaya Di Kelas V Sd Qur’an Terpadu Nurul Islam Kecamatan Karawang Timur. Jurnal Tahsinia, 2(1), 1–9.
Yunus, Y., & Fransisca, M. (2020). Analisis kebutuhan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran kewirausahaan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(2), 118–127. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.32424
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.