Analisis Kebutuhan Belajar pada Mata Kuliah Metode Eksperimen Fisika Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Jambi

  • Asy-syifa Ainil Umayroh Universitas Jambi
  • Menza Hendri Univrsitas Jambi
  • Dian Pertamaiwi Rasmi Universitas Jambi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan belajar mahasiswa pada mata kuliah Metode Eksperimen Fisika. Penelitian ini termasuk penelitian jenis deskriptif kualitatif karena menggambarkan kebutuhan belajar mahasiswa pada mata kuliah Metode Eksperimen Fisika. Subjek pada penelitian ini yaitu mahasiswa aktif Pendidikan Fisika angkatan 2020 Universitas Jambi yang telah mengontrak mata kuliah tersebut. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pedoman wawancara. Berdasarkan hasil peneleitian ini menunjukkan pada mata kuliah Metode Eksperimen Fisika ini mahasiswa membutuhkan sebuah bahan ajar berupa lembar proyek mahasiswa atau buku panduan dalam eksperimen.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Bahan Ajar, Pendidika Fisika, Metode Eksperimen Fisika

References

Aisyah, S., Noviyanti, E., & Triyanto. (2020). Bahan Ajar Sebagai Bagian Dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Salaka, 2(1), 62–65.

Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurna Buana Pengabdian, 1(1), 66–72.

Amin, A. (2021). Pengembangan Handout Fisika Berbasis Contextual Teaching And Learning ( Ctl ) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Sma. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha I, 11(1), 29–38.

Arifah, I., Maftukhin, A., Fatmaryanti, S. D., Dahlan, J. K. H. A., & Tengah, J. (2014). Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Berbasis Guided Inquiry Untuk Mengoptimalkan Hands On Mahasiswa Semester Ii Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo Tahun Akademik 2013 / 2014. 5(1), 24–28.

Haderani. (2018). Tinjauan Filosofis Tentang Fungsi Pendidikan Dalam Hidup Manusia. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol., 7(1), 41–49.

Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan, 17(1), 66–79.

Iswari, I., Saragi, R. A., Sirait, R. R., & Putra4, W. (2020). Analisis Perbedaan Pendapatan Driver Go-Jek Sebelum Dan Saat Terjadi Pandemi Covid-19 Di Kota Medan. Al-Sharf Jurnal Ekonomi Islam, 1(1), 94–102.

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Ayu Amalia, D., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2020). Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326. Https://Ejournal.Stitpn.Ac.Id/Index.Php/Nusantara

Nurdiani, N. (2014). Teknik Sampling Snowball Dalam Penelitian Lapangan. Comtech, 5(9), 1110–1118.

Nurdyansyah, & Mutala’liah, N. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alambagi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar (Issue 20). Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Saat, S. (2015). Faktor-Faktor Determinan Dalam Pendidikan (Studi Tentang Makna Dan Kedudukannya Dalam Pendidikan). Jurnal Al-Ta’dib, 8(2), 1–17.

Shodiq, S. F. (2018). Revival Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Era Revolusi Industri 4.0. At-Tajdid, 02(02), 216–225.

Suarto, E. (2017). Pengembangan Objek Wisata Berbasis Analisis Swot. Jurnal Spasia, 1(1), 19–24.

Sugiana, I. N., Harjono, A., & Sahidu, H. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Media Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa Pada Materi Momentum Dan Impuls. Ii(2), 61–65.

Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe Penelitian Deskripsi Dalam Ilmu Komunikasi. Jurnal Diakom, 1(2), 83–90.

Published
2023-05-23
How to Cite
Asy-syifa Ainil Umayroh, Menza Hendri, & Dian Pertamaiwi Rasmi. (2023). Analisis Kebutuhan Belajar pada Mata Kuliah Metode Eksperimen Fisika Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Jambi. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(2), 296-300. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.876
Abstract viewed = 164 times
PDF downloaded = 183 times