Pengembangan Alat Peraga Energi Terbarukan Berbasis Solar Cell pada Pembelajaran IPA
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menghasilkan alat peraga energi terbarukan berbasis solar cell pada pembelajaran IPA yang valid. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan model ADDIE. Namun, penelitian ini dibatasai hingga tahap development untuk menentukan validitas isi dari alat peraga yang dikembangkan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX dan guru IPA SMPN 4 Bengkulu Tengah. Teknik pengumpulan data berupa angket siswa, angket validasi ahli dan panduan wawancara guru. Teknik analisa data pada penelitian ini menggunakan teknik persentase dan rumus Aiken’s V untuk mengukur validitas alat peraga yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat peraga yang dikembangkan valid (layak) dengan nilai rata-rata indeks Aiken sebesar 0,98 yang telah melampaui standar batas minimal Aiken’ V untuk penelitian ini yaitu 0,92.
Downloads
References
Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas : Edisi 4. Pustaka Pelajar.
Cecep, K. (2013). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Ghalia Indonesia.
Cholily, Y. M., Utomo, D. P., In’am, Ahsanul., Effendi, M. M. (2016). Pedoman Implementasi Kurikulum Energi Terbarukan di SMP. Universitas Muhammadiyah Malang.
Cholily, Y. M., In’am, A., Inganah, S., & Effendi, M. M. (2019). The Learning of the Solar Cell Electricity among the Students in Junior High School. Energy Economics Letters, 6(1), 17–22. https://doi.org/10.18488/journal.82.2019.61.17.22
Chou, Y. C., Yen, H. Y., Yen, H. W., Chao, Y. L., & Huang, Y. H. (2015). The effectiveness of teaching aids for elementary students’ renewable energy learning and an analysis of their energy attitude formation. International Journal of Environmental and Science Education, 10(1), 39–49. https://doi.org/10.12973/ijese.2015.229a
Fadilah, Z., & Lubis, P. (2017). Pengaruh Metode Demonstrasi dengan Menggunakan Alat Peraga Sel Surya Terhadap Hasil Belajar Fisika Materi Listrik Dinamis pada Kelas XII di SMA Negeri 8 Palembang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA, 56–61.
Hakim, Y. Al. (2017). Pengembangan alat peraga solar tracker dua sumbu untuk meningkatkan kreativitas. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 10(1Hakim, Yusro Al. 2017. “Pengembangan Alat Peraga Solar Tracker Dua Sumbu Untuk Meningkatkan Kreativitas.” Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika 10(1):161-167Hakim, Yusro Al. 2017. “Pengembangan Alat P.), 161-167Hakim, Yusro Al. 2017. “Pengembangan Alat P. http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/189
Irawati, F., Kartikasari, F. D., & Tarigan, E. (2021). Pengenalan Energi Terbarukan dengan Fokus Energi Matahari kepada Siswa Sekolah Dasar dan Menengah. Publikasi Pendidikan, 11(2), 164. https://doi.org/10.26858/publikan.v11i2.16413
Kemendikbud. (2011). Pedoman Pembuatan Alat Peraga Fisika. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaa.
Maghfiroh, H., Adriyanto, F., Slamet Saputro, J., Sujono, A., & Lambang GH, R. L. (2022). Pengenalan Teknologi Energi Terbarukan Panel Surya Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, 6(2), 406. https://doi.org/10.36841/integritas.v6i2.1527
Pramesty, R. I., & Prabowo, P. (2019). Pengembangan Alat Peraga KIT Fluida Statis Sebagai Media Pembelajaran pada Sub Materi Fluida Statis di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Mojosari, Mojokerto. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 02(03), 70–74.
Sanjaya, L. A., Budi, A. S., & Astra, I. M. (2016). Pengembangan Alat Peraga Energi Terbarukan. V, SNF2016-RND-45-SNF2016-RND-48. https://doi.org/10.21009/0305010210
Satriawan, M., Kontekstual, P., & Eksperimen, K. (2022). Pembelajaran Fisika Tentang “ Sumber Energi Terbarukan ” Berbantuan Prototipe Konverter Sistem Reduksi Ganda Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Navigation Physics : Journal of Physics Education, 4 (1).
Suganda, T. (2019). Pengembangan alat peraga pada materi energi listrik di sd negeri 11 danau kandung suli. Artikel Penelitian.
Verawati, Y., Hamdani, D., Setiawan, I., Kandang, J. W. S., & Bengkulu, L. (2022). Pengembangan Alat Peraga ada Materi Energi dengan Menggunakan Solar Cell, Sensor Ultrasonik dan Light Dependent Resistor Berbasis Arduino Uno. Amplitudo : Jurnal Ilmu Pembelajaran Fisika, 1(2), 166–173.
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.