Pengembangan E-Modul Tema Sehatkan Bumiku untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII
Abstract
Salah satu bahan ajar atau media yang praktis, menarik dan dapat dikembangkan yaitu e-modul. E-modul adalah media yang dapat menyampaikan empat bentuk informasi berupa gambar, audio, video dan animasi. E-modul tema Sehatkan Bumiku dikembangkan berdasarkan analisis masalah pada latar belakang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas e-modul tema Sehatkan Bumiku untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research & Development dengan menggunakan model Borg and Gall yang telah dimodifikasi oleh Sugiyono. Model Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono hanya dilaksanakan sampai 5 tahap, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain produk, perbaikan desain produk. Instrumen yang digunakan untuk uji kevalidan yaitu lembar penilaian validasi ahli materi, ahli media, dan guru IPA. Data analisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kevalidan e-modul tema “Sehatkan Bumiku” untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII menurut ahli materi memperoleh nilai persentase sebesar 100% dengan kategori “Sangat Valid”, ahli media memperoleh nilai persentase sebesar 84,26% dengan kategori “Sangat Valid” dan guru IPA memperoleh nilai persentase sebesar 88,67% dengan kategori “Sangat Valid”.
Downloads
References
Abdulah, A., Mustadi, A., & Fitriani, W. (2021). PBL-Based Interactive Multimedia in Improving Critical Thinking Skills. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10(1), 136. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i1.25521
Billah, M. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Kontekstual Menggunakan Aplikasi Flipbook Maker pada Subtema Lingkungan Sekolahku. 3, 565–570.
Di, P., Negeri, S. M. K., Studi, P., Tata, P., Ekonomi, F., & Negeri, U. (2019). Siti Sholikhatul Murtafi ’ ah. 07(02), 493–498.
Djauhari, R. A. (2015). Analisis Buku Siswa Matematika SMP Ruang Lingkup Statistika dengan Kesesuaian Unsur – Unsur Karakteristik Berpikir Kreatif. 847–852.
Luh, N., & Karang, G. (2021). E-Modul dengan Pendekatan Kontekstual pada Mata Pelajaran IPA. 5, 435–445.
Mulyanto, Masykuri, M., & Sarwanto. (2017). Pengembangan Modul Ipa Terpadu SMP/MTs Kelas VII Dengan Model Discovery Learning Tema Air Limbah Industri Batik Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Inkuiri, 6(2), 57–66.
Nisa, H. A., Mujib, & Putra, R. W. Y. (2020). Efektivitas E-modul dengan Flip PDF Professional Berbasis Gamifikasi terhadap Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 13–25. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/11406/5732
Novayana, I. G., Margunayasa, I. G., & Renda, N. T. (2021). Validitas Bahan Ajar E-Modul Intaraktif Muatan Ipa Materi Zat Tunggal Dan Campuran. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 59–68. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.34315
Qomariyah, D. N., Subekti, H., Surabaya, U. N., & Kreatif, B. (2021). PENSA E-JURNAL : PENDIDIKAN SAINS. 9(2), 242–246.
Raqzitya, F. A., Agung, A., & Agung, G. (2022). E-Modul Berbasis Pendidikan Karakter Sebagai Sumber Belajar IPA Siswa Kelas VII. 10(1), 108–116.
Seruni, R., Munawaoh, S., Kurniadewi, F., & Nurjayadi, M. (2019). Pengembangan Modul Elektronik (E-Module) Biokimia Pada Materi Metabolisme Lipid Menggunakan Flip Pdf Professional. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 4(1), 48–56. https://doi.org/10.15575/jtk.v4i1.4672
Suarsana, I. M., & Mahayukti, G. A. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 2(3), 193. https://doi.org/10.23887/janapati.v2i3.9800
Sugihartini, N., & Jayanta, N. L. (2017). E-Modul Strategi Pembelajaran Berbasis Cai Dengan. 831–838.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suryani, L., Romlah, S., Hodijah, N., & Taufik, A. N. (2022). Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Science Process Skills dengan Tema Transportasi si-Hijau untuk Melatih Keterampilan Komunikasi Sains Siswa SMP Kelas VIII. 6(2), 322–330.
Widia, Syahrir, & Sarnita, F. (2020). Berpikir Kreatif Merupakan Bagian Terpenting Dalam Meningkatkan Life Skills Di Era Industri 4.0. Jurnal PIPA: Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1), 1–6.
Wirawan, G., & Sukarni, N. (2013). Analisis Keterampilan Abad 21 Dalam Pembelajaran Ips Secara Garing Di Smp Negeri 5 Jember. Journal of Chemical Information and ModelingJournal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.