Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Terintegrasi Android untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan yang ditemui berupa rendahnya penguasaan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa SMP. Cara yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan ini salah satunya adalah dengan menggunakan media pembelajaran, yang dikembangkan secara khusus supaya dapat meningkatkan kemampuan HOTS siswa. Modul aplikasi merupakan salah satu bentuk dari media pembelajaran yang terintegrasi dengan teknologi terkini. Media ini telah disesuaikan dengan perkembangan jaman yang menuntut pengaplikasian teknologi dalam pembelajaran untuk mempermudah siswa dalam memahami informasi yang diberikan. Modul didesain terintegrasi dengan fitur Virtual Reality (VR) yang dapat menstimulus siswa untuk berpikir tingkat tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan efektifitas modul aplikasi berbasis android yang memiliki fitur VR dan gambar 360, dalam meningkatkan HOTS siswa SMP melalui topik pencemaran lingkungan. Hasil dari penelitian menunjukkan nilai validasi aplikasi sebesar 95%, nilai efektivitas aplikasi sebesar 95%, dan nilai n-gain berdasarkan hasil pretest dan posttest sebesar 0.66 yang menyatakan bahwa bahwa aplikasi dapat meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dengan kategori sedang.
Downloads
References
Badiah, L. I. (2021). Implementasi Pembelajaran IPA Siswa Tunarungu di SLDB Karya Mulya II Surabaya. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 20–24.
Fakhri, M. I., Bektiarso, S., & Supeno, S. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Animasi Berbantuan Macromedia Flash Pada Pembelajaran Fisika Pokok Bahasan Momentum, Impuls, Dan Tumbukan Kelas X SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(3), 271–277.
Febrianti, N. S., Utomo, A. P., & Supeno, S. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Media Aplikasi Android Getaran Dan Gelombang. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 26–33.
Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement Versus Traditional Methods: A Six-Thousand-Student Survey of Mechanics Test Data for Introductory Physics Courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74.
Hanum, F., Harahap, N. J., Hsb, E. R., & Hasibuan, M. N. S. (2020). Pembelajaran Mata Kuliah Bahasa Indonesia Berwawasan Literasi di Perguruan Tinggi dalam Menghadapi Era Globalisasi. Jurnal Education and Development, 8(3), 33.
Ichsan, I. Z., Sigit, D. V., Rahmayanti, H., Purwanto, A., Rosyid, A., Suwandi, T., Ali, A., & Hermawati, F. M. (2020). Implementasi Model Pembelajaran ILMIZI dan Peningkatan HOTS Siswa SD Berdasarkan Gender pada Pembelajaran Lingkungan. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 4(1), 11–24.
Jamaluddin, J., Andayani, Y., & Purwoko, A. A. (2018). Pelatihan Penyusunan Instrumen Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Bagi Pendidik Mata Pelajaran IPA SMP di Kota Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 1(1).
Kurniati, D., Harimukti, R., & Jamil, N. A. (2016). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP di Kabupaten Jember dalam Menyelesaikan Soal Berstandar PISA. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 142–155.
Kurniawan, D. A., Astalini, A., & Kurniawan, N. (2019). Analisis Sikap Siswa SMP Terhadap Mata Pelajaran IPA. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 22(2), 323–334.
Nafiah, K., Suhadi, S., & Sari, M. S. (2019). Validitas dan Kepraktisan Bahan Ajar Pengelolaan Spesies Asing Invasif Acacia Nilotica untuk Matakuliah Pengelolaan Sumberdaya Alam. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(5), 654–659.
Nieveen, N. (1999). Prototyping to Reach Product Quality. In Design Approaches and Tools in Education And Training (pp. 125–135). Springer.
Nurlaela, L. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(02).
OECD, P. (2019). PISA 2018: Insights and Interpretations. OECD Publ. p 64.
Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad ke-21 dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).
Saido, G. M., Siraj, S., Nordin, A. B. Bin, & Al_Amedy, O. S. (2018). Higher Order Thinking Skills Among Secondary School Students in Science Learning. MOJES: Malaysian Online Journal of Educational Sciences, 3(3), 13–20.
Supeno, S., Bektiarso, S., & Munawaroh, A. (2018). Pengembangan Pocketbook Berbasis Android untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF), 2, 76–83.
Wulandari, S. (2020). Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Minat Siswa Belajar Matematika di SMP 1 Bukit Sundi. Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS), 1(2), 43–48.
Wulansari, E. W., Kantun, S., & Suharso, P. (2018). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Ekonomi Materi Pasar Modal Untuk Siswa Kelas XI IPS MAN 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(1), 1–7.
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.