Pengembangan Alat Pengukur Cepat Rambat Bunyi Menggunakan Sensor Ultrasonik
Abstract
Gelombang bunyi adalah salah satu materi pembelajaran fisika yang dianggap sulit oleh peserta didik. Salah satu penyebab hal tersebut adalah guru fisika hanya mengajar dengan media pembelajaran yang seadanya. Berdasarkan analsis kebutuhan yang telah dilakukan, sebagian besar guru fisika mengajarkan materi gelombang bunyi dengan menggunakan media berupa powerpoint. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat praktikum pengukur cepat rambat bunyi di udara dengan menggunakan sensor ultrasonik. Alat ini menggunakan sensor ultrasonik HC-SR04 sebagai pembangkit gelombang ultrasonik dan menggunakan mikrokontroler arduino sebagai sistem kontrol alat praktikum. Hasil dari pengukuran cepat rambat bunyi menggunakan alat ini adalah 342,9986038 m/s dengan presentase error sebesar 0,004294504%.
Downloads
References
Andayani, M., Indrasari, W., & H. Iswanto, B. (2016). Kalibrasi Sensor Ultrasonik HC-SR04 Sebagai Sensor Pendeteksi Jarak Pada Prototipe Sistem Peringatan Dini Bencana Banjir. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), V, 43–46.
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran (Revisi). Rajawali Pers.
Astuti, I. A. D. (2016). Pengembangan Alat Eksperimen Cepat Rambat Bunyi Dalam Medium Udara Dengan Menggunakan Metode Time of Flight (TOF) dan Berbantuan Software Audacity. Unnes Physics Education Journal, 5(3), 18–24.
Jamaluddin, Kade, A., & Nurjannah. (2015). Analisis Pelaksanaan Praktikum Menggunakan Kit IPA Fisika Di SMP Se-Kecamatan Sojol Kabupaten Donggala. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 3(1), 6–13.
Mulyatiningsih, E. (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Alfabeta.
Sulanjari. (2018). Rancang Bangun Alat Penentu Cepat Rambat Gelombang Bunyi di Udara Menggunakan Tabung Impedansi. Jurnal Teknik Mesin : CAKRAM, 1(1), 17–21.
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.