Efektivitas E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Virtual Laboratory pada Materi Asam Basa terhadap Hasil Belajar Siswa

  • Elsa Aprilli Universitas Negeri Padang
  • Andromeda Andromeda Universitas Negeri Padang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat efektivitas e-modul berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi virtual laboratory pada materi asam basa terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Populasi terdiri dari semua peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Basa Ampek Balai tahun ajaran 2022/2023 dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes berbentuk soal pilihan ganda yang memiliki validitas, reliabelitas, daya beda, serta indeks kesukaran dengan kategori soal baik. Efektivitas e-modul berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi virtual laboratory dapat diketahui melalui uji n-gain. Analisis n-gain diperoleh hasil dengan nilai g = 0.801 yang menyatakan e-modul berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi virtual laboratory pada materi asam basa memiliki kategori tinggi sehingga efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Efektivitas, Inkuiri Terbimbing, E-Modul, Asam Basa, Hasil Belajar

References

Andrini, V. S. (2016). The Effectiveness of Inquiry Learning Method to Enhance Students ’ Learning Outcome : A Theoritical and Empirical Review. Journal of Education and Practice, 7(3), 38–42.

Anisah, E. (2013). Keefektifan Virtual Laboratory Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Larutan Penyangga Dan Hidrolisis. Chemistry in Education, 2(1), 1–6.

Asda, V. D., & Andromeda, A. (2021). Efektivitas E-modul Berbasis Guided Inquiry Learning Terintegrasi Virlabs dan Multirepresentasi pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit terhadap Hasil Belajar Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 710–716. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.423

Asrial, A., Syahrial, S., Maison, M., Kurniawan, D. A., & Piyana, S. O. (2020). Ethnoconstructivism E-Module To Improve Perception, Interest, and Motivation of Students in Class V Elementary School. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(1), 30. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i1.19222

Aulia, F., & Andromeda. (2021). The Effectiveness Of Ion Equilibrium And Ph Of Salt Solution E-Modules Based On Guided Inquiry Learning For Student’s Learning Outcomes. International Journal of Progressive Sciences and Technologies, 27(2), 700–705. http://ijpsat.es/index.php/ijpsat/article/view/3292

Elda Safarina, A. (2022). Efektivitas Penggunaan E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Dilengkapi Video Praktikum pada Materi Kesetimbangan Kimia terhadap Hasil Belajar Siswa. Entalpi Pendidikan Kimia, 3(4).

Hariani, N. R., Nuswowati, M., & Winarno, D. (2020). Pengaruh Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan E-Modul Terhadap Pemahaman Konsep Inkuiri Garam. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 14(1), 43–50.

Herga, N., & Dinevski, D. (2012). Virtual Laboratory in Chemistry - Experimental Study of Understanding, Reproduction and Application of Acquired Knowledge of Subject’s Chemical Content. Orga, 45(3), 108–116. https://doi.org/10.2478/v10051-012-0011-7

Herga, N. R., Cagran, B., & Dinevski, D. (2016). Virtual laboratory in the role of dynamic visualisation for better understanding of chemistry in primary school. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 12(3), 593–608. https://doi.org/10.12973/eurasia.2016.1224a

Margunayasa, I. G., Dantes, N., Marhaeni, A. A. I. N., & Suastra, I. W. (2019). The effect of guided inquiry learning and cognitive style on science learning achievement. International Journal of Instruction, 12(1), 737–750. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12147a

Nirmalasari, Santiani, & Rohmadi, M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Getaran Harmonis. EduSains, 4(2), 74–94. https://media.neliti.com/media/publications/59149-ID-penerapan-model-pembelajaran-learning-cy.pdf

Pedaste, M., Mäeots, M., Siiman, L. A., de Jong, T., van Riesen, S. A. N., Kamp, E. T., Manoli, C. C., Zacharia, Z. C., & Tsourlidaki, E. (2015). Phases of inquiry-based learning: Definitions and the inquiry cycle. Educational Research Review, 14, 47–61. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2015.02.003

Pranomo, M. I., Linda, Rr., & Haryati, S. (2021). Pengaruh Penggunaan e-Modul Materi Senyawa Hidrokarbon dalam Pembelajaran Mandiri Kelas XI di SMA Negeri 3 Palangka Raya Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 11(1), 11–24. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrpk/article/view/3067

R Oktarina, & Andromeda, A. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Virtual Laboratory. Edukimia, 3(2). https://doi.org/10.24036/ekj.v3.i2.a255

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi. Alfabeta.

Tatli, Z., & Ayas, A. (2010). Virtual laboratory applications in chemistry education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 9, 938–942. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.263

Published
2023-06-01
How to Cite
Elsa Aprilli, & Andromeda, A. (2023). Efektivitas E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Virtual Laboratory pada Materi Asam Basa terhadap Hasil Belajar Siswa. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(2), 301-305. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.897
Abstract viewed = 254 times
PDF downloaded = 233 times