Efektivitas E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Virtual Laboratory pada Materi Asam Basa terhadap Hasil Belajar Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat efektivitas e-modul berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi virtual laboratory pada materi asam basa terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Populasi terdiri dari semua peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Basa Ampek Balai tahun ajaran 2022/2023 dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes berbentuk soal pilihan ganda yang memiliki validitas, reliabelitas, daya beda, serta indeks kesukaran dengan kategori soal baik. Efektivitas e-modul berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi virtual laboratory dapat diketahui melalui uji n-gain. Analisis n-gain diperoleh hasil dengan nilai g = 0.801 yang menyatakan e-modul berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi virtual laboratory pada materi asam basa memiliki kategori tinggi sehingga efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Downloads
References
Andrini, V. S. (2016). The Effectiveness of Inquiry Learning Method to Enhance Students ’ Learning Outcome : A Theoritical and Empirical Review. Journal of Education and Practice, 7(3), 38–42.
Anisah, E. (2013). Keefektifan Virtual Laboratory Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Larutan Penyangga Dan Hidrolisis. Chemistry in Education, 2(1), 1–6.
Asda, V. D., & Andromeda, A. (2021). Efektivitas E-modul Berbasis Guided Inquiry Learning Terintegrasi Virlabs dan Multirepresentasi pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit terhadap Hasil Belajar Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 710–716. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.423
Asrial, A., Syahrial, S., Maison, M., Kurniawan, D. A., & Piyana, S. O. (2020). Ethnoconstructivism E-Module To Improve Perception, Interest, and Motivation of Students in Class V Elementary School. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(1), 30. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i1.19222
Aulia, F., & Andromeda. (2021). The Effectiveness Of Ion Equilibrium And Ph Of Salt Solution E-Modules Based On Guided Inquiry Learning For Student’s Learning Outcomes. International Journal of Progressive Sciences and Technologies, 27(2), 700–705. http://ijpsat.es/index.php/ijpsat/article/view/3292
Elda Safarina, A. (2022). Efektivitas Penggunaan E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Dilengkapi Video Praktikum pada Materi Kesetimbangan Kimia terhadap Hasil Belajar Siswa. Entalpi Pendidikan Kimia, 3(4).
Hariani, N. R., Nuswowati, M., & Winarno, D. (2020). Pengaruh Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan E-Modul Terhadap Pemahaman Konsep Inkuiri Garam. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 14(1), 43–50.
Herga, N., & Dinevski, D. (2012). Virtual Laboratory in Chemistry - Experimental Study of Understanding, Reproduction and Application of Acquired Knowledge of Subject’s Chemical Content. Orga, 45(3), 108–116. https://doi.org/10.2478/v10051-012-0011-7
Herga, N. R., Cagran, B., & Dinevski, D. (2016). Virtual laboratory in the role of dynamic visualisation for better understanding of chemistry in primary school. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 12(3), 593–608. https://doi.org/10.12973/eurasia.2016.1224a
Margunayasa, I. G., Dantes, N., Marhaeni, A. A. I. N., & Suastra, I. W. (2019). The effect of guided inquiry learning and cognitive style on science learning achievement. International Journal of Instruction, 12(1), 737–750. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12147a
Nirmalasari, Santiani, & Rohmadi, M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Getaran Harmonis. EduSains, 4(2), 74–94. https://media.neliti.com/media/publications/59149-ID-penerapan-model-pembelajaran-learning-cy.pdf
Pedaste, M., Mäeots, M., Siiman, L. A., de Jong, T., van Riesen, S. A. N., Kamp, E. T., Manoli, C. C., Zacharia, Z. C., & Tsourlidaki, E. (2015). Phases of inquiry-based learning: Definitions and the inquiry cycle. Educational Research Review, 14, 47–61. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2015.02.003
Pranomo, M. I., Linda, Rr., & Haryati, S. (2021). Pengaruh Penggunaan e-Modul Materi Senyawa Hidrokarbon dalam Pembelajaran Mandiri Kelas XI di SMA Negeri 3 Palangka Raya Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 11(1), 11–24. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrpk/article/view/3067
R Oktarina, & Andromeda, A. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Virtual Laboratory. Edukimia, 3(2). https://doi.org/10.24036/ekj.v3.i2.a255
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi. Alfabeta.
Tatli, Z., & Ayas, A. (2010). Virtual laboratory applications in chemistry education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 9, 938–942. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.263
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.