Efektivitas Modul Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Al-Qur’an terhadap Hasil Belajar di Madrasah Aliyah
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan dari penelitian pengembangan modul larutan elektrolit dan non elektrolit berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi Al-Qur’an yang telah diuji validitas dan pratikalitasnya, tetapi belum dilakukan uji efektivitas. Penelitian bertujuan untuk mengungkapkan efektivitas penggunaan modul larutan elektrolit dan non elektrolit berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi Al-Qur’an terhadap hasil belajar di Madrasah Aliyah. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group desain. Populasi yang digunakan adalah peserta didik kelas X MIPA MAN 2 Kota Padang, sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling, sebagai sampel kelas X MIPA 6 dan 7. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji N-Gain, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan dibandingkan kelas kontrol. Hasil nilai N-gain kelas eksperimen diperoleh 0.84 dengan kategori tinggi sedangkan nilai N-gain kelas kontrol adalah 0,51 dengan kategori sedang. Hasil uji t pada taraf nyata 0,05 yaitu Thitung (9,3) > Ttabel (1,99) menunjukkan hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan modul larutan elektrolit dan non elektrolit berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi Al-Qur’an efektif meningkatkan hasil belajar di Madrasah Aliyah.
Downloads
References
Anggreanil, D., & Aini, S. (2022). Effectiveness of Interactive Power-Point Learning Media Based on Guided Inquiry on Acid-Base Materials for Class XI SMA/MA. Entalpi Pendidikan Kimia, 11(2), 68–76. https://doi.org/10.24036/epk.v3i3.268
Asda, V. D & Anromeda . (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Efektivitas E-modul Berbasis Guided Inquiry Learning Terintegrasi Virlabs dan Multirepresentasi pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit terhadap Hasil Belajar Siswa. 3(3), 710–716. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.423
Ash-Shiddieqy, M. H., Suparmi, A., & Sunarno, W. (2018). The effectiveness of module based on guided inquiry method to improve students’ logical thinking ability. Journal of Physics: Conference Series, 1006(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1006/1/012001
Hake, R. . (1999). Analyzing Change/ Gain Scores AREA-D AmericanEducation Research Associations Devision D, Measurement and Reaserch Methology.
Hariani N. R., & Nuswowati, M. (2020). Pengaruh Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan E-Modul Terhadap Pemahaman Konsep Hidrolisis Garam. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 14(1), 2561-2571
Hasibuan, S. R. & Andromeda. (2021). Efektivitas Penggunaan E-Modul Sistem Koloid Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Laboratorium Virtual Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMAS Nurul ‘ Ilmi. 7–12. https://jurnal.ranahresearch.com
Latisma. (2011). Evaluasi Pendidikan. UNP Press.
Manik. (2015). Efektifitas Inkuiri Terbimbing Pada Materi Kelaruatan dan Ksp Dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 4(2), 744–755.
Musfiqon. (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik. In NizamlaLearning Center (Vol. 4, Issue 1). Nizamla Learning Center Sidoarjo.
Nisa, E. K., Koestiari, T., Habibbulloh, M., & Jatmiko, B. (2018). Effectiveness of guided inquiry learning model to improve students’ critical thinking skills at senior high school. Journal of Physics: Conference Series, 997(1), 0–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/997/1/012049
Nuhayati & Iryani. (2022). The Effectiveness of the Guided Inquiry Activity With the Acid-Base Titration Module On the High School Student Learning Outcomes,. 17(4), 437–441. https://doi.org/10.29303/jpm.v17i4.3721
Perda. (2019). Peraturan Daerah (PERDA) tentang Penyelenggaraan Pendidikan.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. PT Alfabet.
Syukri. (1999). Kimia Dasar 2. ITB.
Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruk tivisfik. Prestasi Pustaka.
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.