Efektivitas Modul Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Al-Qur’an terhadap Hasil Belajar di Madrasah Aliyah

  • Yunita Lestari A Universitas Negeri Padang `
  • Iryani Iryani Universitas Negeri Padang

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan dari penelitian pengembangan modul larutan elektrolit dan non elektrolit berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi Al-Qur’an yang telah diuji validitas dan pratikalitasnya, tetapi belum dilakukan uji efektivitas. Penelitian bertujuan untuk mengungkapkan efektivitas penggunaan modul larutan elektrolit dan non elektrolit berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi Al-Qur’an terhadap hasil belajar di Madrasah Aliyah. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group desain. Populasi yang digunakan adalah peserta didik kelas X MIPA MAN 2 Kota Padang, sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling, sebagai sampel kelas X MIPA 6 dan 7. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji N-Gain, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan dibandingkan kelas kontrol. Hasil nilai N-gain kelas eksperimen diperoleh 0.84 dengan kategori tinggi sedangkan nilai N-gain kelas kontrol adalah 0,51 dengan kategori sedang. Hasil uji t pada taraf nyata 0,05 yaitu Thitung (9,3) > Ttabel (1,99) menunjukkan hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan modul larutan elektrolit dan non elektrolit berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi Al-Qur’an efektif meningkatkan hasil belajar di Madrasah Aliyah.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Efektivitas, Hasil Belajar, Inkuiri Terbimbing, Modul, Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit

References

Anggreanil, D., & Aini, S. (2022). Effectiveness of Interactive Power-Point Learning Media Based on Guided Inquiry on Acid-Base Materials for Class XI SMA/MA. Entalpi Pendidikan Kimia, 11(2), 68–76. https://doi.org/10.24036/epk.v3i3.268

Asda, V. D & Anromeda . (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Efektivitas E-modul Berbasis Guided Inquiry Learning Terintegrasi Virlabs dan Multirepresentasi pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit terhadap Hasil Belajar Siswa. 3(3), 710–716. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.423

Ash-Shiddieqy, M. H., Suparmi, A., & Sunarno, W. (2018). The effectiveness of module based on guided inquiry method to improve students’ logical thinking ability. Journal of Physics: Conference Series, 1006(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1006/1/012001

Hake, R. . (1999). Analyzing Change/ Gain Scores AREA-D AmericanEducation Research Associations Devision D, Measurement and Reaserch Methology.

Hariani N. R., & Nuswowati, M. (2020). Pengaruh Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan E-Modul Terhadap Pemahaman Konsep Hidrolisis Garam. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 14(1), 2561-2571

Hasibuan, S. R. & Andromeda. (2021). Efektivitas Penggunaan E-Modul Sistem Koloid Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Laboratorium Virtual Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMAS Nurul ‘ Ilmi. 7–12. https://jurnal.ranahresearch.com

Latisma. (2011). Evaluasi Pendidikan. UNP Press.

Manik. (2015). Efektifitas Inkuiri Terbimbing Pada Materi Kelaruatan dan Ksp Dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 4(2), 744–755.

Musfiqon. (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik. In NizamlaLearning Center (Vol. 4, Issue 1). Nizamla Learning Center Sidoarjo.

Nisa, E. K., Koestiari, T., Habibbulloh, M., & Jatmiko, B. (2018). Effectiveness of guided inquiry learning model to improve students’ critical thinking skills at senior high school. Journal of Physics: Conference Series, 997(1), 0–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/997/1/012049

Nuhayati & Iryani. (2022). The Effectiveness of the Guided Inquiry Activity With the Acid-Base Titration Module On the High School Student Learning Outcomes,. 17(4), 437–441. https://doi.org/10.29303/jpm.v17i4.3721

Perda. (2019). Peraturan Daerah (PERDA) tentang Penyelenggaraan Pendidikan.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. PT Alfabet.

Syukri. (1999). Kimia Dasar 2. ITB.

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruk tivisfik. Prestasi Pustaka.

Published
2023-06-02
How to Cite
Yunita Lestari A, & Iryani, I. (2023). Efektivitas Modul Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Al-Qur’an terhadap Hasil Belajar di Madrasah Aliyah. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(2), 375-381. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.925
Abstract viewed = 226 times
PDF downloaded = 131 times