Validitas E-Modul Praktikum Fisika SMA Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA

  • Rachmat Rizaldi Universitas Islam Sumatera Utara
  • Syahwin Syahwin Universitas Islam Sumatera Utara
  • Uswatun Hasanah.S Universitas Islam Sumatera Utara

Abstract

Kemajuan Pendidikan tidak terlepas dari kompetensi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas. Kreatifitas guru dalam membuat suatu bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan menjadi faktor ketercapaian tujuan pembelajaran. Guru mampu merancang suatu media pembelajaran sesuai perkembangan zaman dan tidak terlepas dari tuntutan kurikulum. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perangkat ajar E-Modul Praktikum Fisika SMA Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Proses Sains yang valid. Model Pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4-D. Tahapan-tahapan dalam 4-D model terdiri atas beberapa fase, yaitu tahap Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Pada penelitian ini dibatasi pada tahap Develop uji validitas produk. Teknik pengumpulan data menggunakan Instrumen Validitas E-Modul Praktikum Fisika SMA Berbasis model PBL. Teknik analisis data validitas menggunakan Skala Likert yang disusun dalam bentuk pertanyaan dengan 5 (lima) kriteria respon. Hasil penelitian dari uji validitas didapatkan bahwa Bahan Ajar dalam bentuk E-Modul Praktikum Fisika SMA Berbasis model PBL terhadap ketrampilan Proses Sains siswa dengan kategori sangat valid dengan nilai 88,3%. Hasil ini menunjukkan bahwa E-Modul Praktikum Fisika SMA Berbasis model PBL dapat diujicobakan.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Validitas, E-Modul Praktikum Fisika, Problem Based Learning (PBL), Keterampilan Proses Sains

References

Asri, A. S. T., & Dwiningsih, K. (2022). Validitas E-Modul Interaktif sebagai Media Pembelajaran untuk Melatih Kecerdasan Visual Spasial pada Materi Ikatan Kovalen. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 465–473. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.465-473

Deta, U. a, Suparmi, & Widha, S. (2013). Pengaruh Metode Inkuiri Terbimbing dan Proyek, Kreativitas, Serta Keterampilan Proses Sains Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9, 28–34. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpfi

Erina, R., & Kuswanto, H. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran InSTAD Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif Fisika dI SMA. JURNAL INOVASI PENDIDIKAN IPA, 1(2), 202–211. http://journal.uny.ac.id/index.php/jipi

Haspen, C. D. T., Syafriani, S., & Ramli, R. (2021). Validitas E-Modul Fisika SMA Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Etnosains untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. JURNAL EKSAKTA PENDIDIKAN (JEP), 5(1), 95–101. https://doi.org/10.24036/jep/vol5-iss1/548

Ikhbal, M., & Musril, H. A. (2020). Perancangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android. INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS, 5(1), 15–24.

Janah, M. C., Widodo, A. T., & Kasmui. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains.

Rochmad. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Diterbitkan Oleh Jurusan Matematika FMIPA UNNES, 3(1), 59–72.

Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sari Fitriana, I., Asmiati, & dharmayanti, W. (2022). Pengembangan Modul Praktikum Virtual pada Materi Usaha dan Energi. 4(2), 898–911. https://phet.colorado.edu

Silfia Dewy, M., Ganefri, G., & Kusumaningrum, I. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Produk pada Mata Kuliah Praktik Elektronika Daya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro (VOLT), 1(1), 15–28. jurnal.untirta.ac.id/index.php/VOLT

Siswono, H. (2017). Analisis Pengaruh Keterampilan Proses Sains Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa. Momentum: Physics Education Journal, 1(2), 83. https://doi.org/10.21067/mpej.v1i2.1967

Sofyan, H., & Komariah, K. (2016). Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(3), 260–271. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpv

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Wahyu Pinilih, F., Budiharti, R., & Yusliana Ekawati, E. (2013). Pengembangan Instrumen Penilaian Produk pada Pembelajaran IPA untuk Siswa SMP (Vol. 1, Issue 2).

Yati Lestari, M., & Diana, N. (2018). Keterampilan Proses Sains (KPS) pada Pelaksanaan Praktikum Fisika Dasar I. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(1), 49–54. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/index

Published
2023-06-01
How to Cite
Rachmat Rizaldi, Syahwin, S., & Uswatun Hasanah.S. (2023). Validitas E-Modul Praktikum Fisika SMA Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(2), 322-328. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.931
Abstract viewed = 257 times
PDF downloaded = 262 times