Analisis Minat Belajar Kimia Peserta didik dengan Strategi Gamifikasi Team Games Tournament dan Media Kartu Clup

  • Sri Sulystiahningsih N.D Tiring Universitas Nusa Nipa
  • Yohanita Nirmalasari Universitas Nusa Nipa
  • Novilia Herci Universitas Nusa Nipa

Abstract

Kesulitan peserta didik dalam memahami konsep pengetahuan kimia SMA umumnya telah menjadi kendala. Salah satunya, materi hukum-hukum dasar kimia. Penyebabnya, kurang tepatnya penerapan strategi pembelajaran kimia. Imbasnya pada rendahnya minat peserta didik belajar kimia. Dengan melihat potensi strategi gamifikasi edukatif, penelitian ini menawarkan penerapannya dengan mengadopsi model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan kartu clup. Tujuan penelitian adalah analisis minat melalui penentuan klasifikasi minat, tingkat keberhasilan minat dan persentase setiap indikator minat. Jenis penelitian adalah penelitian survey. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, angket dan observasi. Instrumen pengumpulan data yaitu lembar wawancara, lembar angket penilaian diri, angket penilaian sejawat dan lembar observasi. Analisis validasi instrumen mengunakan perhitungan presentase, analisis indikator minat mengunakan kategori rentang minat dan presentase. Hasil penelitian melewati beberapa tahap yaitu validitas instrumen: 1) angket penilaian diri (sangat valid, 86,6 %), 2) angket penilaian sejawat (sangat valid, 85,4 %), 3) lembar observasi (sangat valid, 86,6 %). Analisis minat belajar: 1) klasifikasi minat 12 peserta didik (tinggi), dan 6 peserta didik (sedang), 2) tingkat keberhasilan minat (66,6 %, minat tinggi dan 33,3 %, minat sedang) dan 3) indikator prasaan senang 80,4% (tinggi), perhatian 79,5% (tinggi), keterlibatan 62,7% (sedang), ketertarikan 76,3 % (tinggi) dan pengetahuan 59,3% (sedang).

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Minat, Kimia, Gamifikasi, TGT, Kartu Clup

References

Agustien, R., Nurul Umamah, & Sumarno. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman di Bondowoso dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS. Jurnal Edukasi, 5(1), 19–23.

Faizah, S. N. (2017). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 1-11.

Hemayanti, K. L., Muderawan, I. W., & Selamat, I. N. (2020). Analisis Minat Belajar Siswa Kelas XI MIA Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4, 20–25. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPK/index

Hera, R., Khairil, & Hasanuddin. (2014). Pengembangan Handout Pembelajaran Embriologi Berbasis Kontekstual pada Perkulihan Perkembangan Hewan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Banda Aceh. Jurnal EduBio Tropika, 2(2), 187-250.

Hikmah, M., Anwar, Y., & Riyanto, D. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Dunia Hewan Kelas X di SMA Unggul Negeri 8 Palembang. In Jurnal Pembelajaran Biologi, 5(1), 46-56.

Khairunnisak. (2015). Penggunaan Media Kartu Sebagai Strategi Dalam Pembelajaran Membaca Permulaan: Studi Kasus Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Rukoh, Banda Aceh. Jurnal Pencerahan, 9(2), 66-82.

Kurnia, S., Sugeng, &, Fkip, M., & Cirebon, U. (2017). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Formal Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII Dalam Mata Pelajaran IPS di SMPN 1 Lemahabang Kabupaten Cirebon. Jurnal Edunomic, 5(1).

Man, S., & Besar, A. (2017). Penerapan Teams Games Tournament (TGT) Melalui Media Kartu Domino Pada Materi Minyak Bumi Siswa Kelas XI Man 4 Aceh Besar. Lantanida Journal, 5(2), 93-196.

Marisa, F., Akhriza, T. M., Lidya Maukar, A., Wardhani, A. R., Wahyu Iriananda, S., & Andarwati, M. (2020). Gamifikasi (Gamification) Konsep dan Penerapan, Jointecs: Journal of Information Technology and Computer Science, 3(1), 219-228.

Nasruddin. (2019). Penerapan Metode TGT (Team Game Tournament) Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Bandar Baru. Jurnal Sains Riset, 9(1), 56-68.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa (Learning Interest as Determinant Student Learning Outcomes), Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128-135. http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/00000

Pertiwi, Y. H., & Masykuri, M. (2017). Penerapan TGT-Chempuzzle Pada Pembelajaran Hidrokarbon untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Kimia Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 111. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i1.11198

Rahayu, S., Ritonga, P. S., & Yenti, E. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Kokami Terhadap Prestasi Belajar Pada Materi Termokimia. Journal of Chemistry Education and Integration, 1(2), 128. https://doi.org/10.24014/jcei.v1i2.18585

Septiani, I., Djoko Lesmono, A., & Harimukti, A. (2020). Analisis Minat Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan Stem Pada Materi Vektor di Kelas X MIPA 3 SMAN 2 Jember, Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(2), 64-70.

Sirait, D. E. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 6(1), 35–43.

Sjafei, I. (2017). Pembelajaran Kooperatif Dalam Pengembangan Sikap Pada Tugas Akademik, Jurnal Educate, 2(1), 26-42.

Subagia, I. W. (2014). Paradigma Baru Pembelajaran Kimia SMA. Prosiding Seminar Nasional MIPA UNDIKSHA, 152–163. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/semnasmipa/article/view/10479

Widyawati, R. L., Suryadi, B. U., & Sulistyo, S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) Dilengkapi Flash Chemquis untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Materi Hidrokarbon pada Siswa Kelas X-8 SMA Negeri 3 Boyolali Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 5(4), 75–82.

Zosima, N.P., Irene, L.M., Maria, H,. & Yohanita, N. (2022). Kajian Isu Sosiosaintifik dalam Warisan Budaya Sikka. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 761–771. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.681

Published
2023-06-01
How to Cite
Sri Sulystiahningsih N.D Tiring, Yohanita Nirmalasari, & Novilia Herci. (2023). Analisis Minat Belajar Kimia Peserta didik dengan Strategi Gamifikasi Team Games Tournament dan Media Kartu Clup. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(2), 335-343. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.938
Abstract viewed = 310 times
PDF downloaded = 244 times