Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Berbasis Flip PDF Profesional pada Tema Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMP Kelas VII
Abstract
Kegiatan pembelajaran untuk melatih kemampuan literasi sains siswa dapat dilatih dengan mengembangkan bahan ajar. Pada penelitian ini bahan ajar yang dikembangkan berupa E-Modul untuk melatih kemampuan literasi sains siswa kelas VII. Pengembangan E-Modul ini dilakukan dengan menggunakan aplikasi Microsoft Word dan Flip PDF Profesional sebagai bahan ajar digital. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjabarkan tingkat kevalidan E-Modul berbasis Flip PDF Profesional tema pencemaran lingkungan untu melatih kemampuan literasi sains siswa kelas VII. Metode pada penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan 4D oleh Thiagarajan (1974) melalui modifikasi sampai tahapan Develop (pengembangan) produk, dengan uji validasi produk. Uji validasi bahan ajar E-Modul menggunakan instrument lembar angket validasi yang telah di validasi oleh ahli instrument, dan juga produk pengembangan E-Modul divalidasi oleh ahli materi, ahli media dan praktisi. Tingkat kevalidan E-Modul berbasis Flip PDF Profesional tema pencemaran lingkungan ini mendapatkan nilai menurut ahli materi 92,6% dengan kategori “sangat valid”, ahli media mendapatkan nilai persentase sebesar 90% dengan kategori “sangat valid”, dan praktisi mendapatkan nilai persentase sebesar 91% dengan kategori “sangat valid”. Dengan total keseluruhan 91,2% kategori “sangat valid”.
Downloads
References
Asyhari, A. 2015. Profil Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Saintifik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika
Bunga, Y. N., Prasetyo, A. P. B., & Susanti, R. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu di SMP. Journal of Innovative Science Education, 5(2), 152–162.
E.Etty Nurmala Fadillah. (2019). Pengembangan Modul Praktikum Berbasis Keterampilan Proses Sains untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi. http://ejurnal.budiutomomalang.ac.id/index.php/edubiotik/article/view/77 https://doi.org/10.33503/ebio.v3i01.77
Hartati, S. (2022). Bahasaku Cheker : Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia pada Papan Iklan dan Cara Meminimalisir Kesalahan Tersebut. Artikel Bahasa Indonesia
Irawati. 2015. Pengembangan Modul Pembelajaran IPA dengan Tema "Pencemaran Lingkungan" untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VII. Jurnal BIOEDUKATIKA Vol. 3 No. 1
Kemendikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016
tentang Standar Kompetensi Kelulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud
Muzijah, Rini., Wati Mustika., & Mahtari S. (2020). Pengembangan E-Modul Menggunakan Aplikasi Exe-Learning untuk Melatih Literasi Sains. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(2), 89-98.
Kurniasari, Dwi Astusti Dian., Rusilowati, Ani., & Subekti Niken. (2014). Pengembangan Buku Suplemen IPA Terpadu dengan Tema Pendengaran Kelas VIII. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej Muzijah, Rini., Wati Mustika., & Mahtari S. (2020). Pengembangan E-Modul Menggunakan Aplikasi Exe-Learning untuk Melatih Literasi Sains. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(2), 89-98.
Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.
OECD. (2013). PISA 2015 Draft Mathematics Framework. Oecd, (March 2013), 52. https://doi.org/10.1177/0022146512469014
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Nurmayanti, F., Bakri, F., & Budi, E. (2015). Pengembangan Modul Elektronik Fisika dengan Strategi PDEODE pada Pokok Bahasan Teori Kinetik Gas untuk Siswa Kelas XI SMA. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2015 (SNIPS 2015), 337-340.
Thiagarajan, S., Semmel, S. S. , and Semmel, M. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Indiana University. Bloomington.
Watin, E., & Kustijono, R. (2017). Efektivitas penggunaan E-book dengan Flip PDF Professional untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains. Seminar Nasional Fisika (SNF), 1, 124–129. https://fisika.fmipa.unesa.ac.id/proceedings/index.php/snf/article/view/25
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.