Implikasi Teori Belajar Konstruktivisme pada Pembelajaran Matematika
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran teori belajar konstruktivisme secara rinci terkhusus untuk pelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka dengan mengkaji beberapa sumber literatur yang relevan terkait teori belajar konstruktivisme. Hasil dari penelitian ini bahwa teori belajar konstruktivisme sangat berpengaruh terhadap proses belajar yang terjadi di kelas. Dimana yang awalnya pembelajaran ini berpusat ke guru tapi dengan konstruktivisme berpusat ke siswa. Begitupun untuk konsep pembelajaran matematika, siswa harus dibiasakan untuk berusaha dan mencari pengalaman mereka sendiri yang berhubungan dengan matematika. Oleh karena itu ketika siswa dapat menemukan pengetahuan baru atas usaha mereka sendiri maka mereka akan sulit untuk melupakan pengetahuan tersebut. Dan ketika mereka lupa, mereka akan cepat mengingatnya kembali.
Downloads
References
Aljohani, M. (2017). Principles of “Constructivism” in Foreign Language Teaching. Journal of Literature and Art Studies, 7(1), 97–107.
Amineh, R. J., & Asi, H. D. (2015). Review of Constructivism and Social Constructivism. Journal of Social Sciences, Literature and Languages, 1(1), 9–16.
Astuti, H. S. M. T. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme. Universitas Negeri Makassar.
Dewi, L., & Fauziati, E. (2021). Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar dalam Pandangan Teori Konstruktivisme Vygotsky. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 163–174. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1207
Dewey, J. (1961). The Essential Dewey: Pragmatism, Education, Democracy. Bloomington: Indiana University Press.
Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Sulawesi Selatan: CV. Kaaffah Learning Center.
Herlina, D. ., Boleng, & Maasawet, E. . (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran. Klaten: Penerbit Lakeisha.
Iswadi. (2020). Teori Belajar. In Natural Aceh. Jakarta.
Josi, J. ., & Pantakar, P. . (2016). Use of Constructivist Pedagogy in Science Education. Aayushi International Interdisciplinary Research Journal (AIIRJ).
Khadijah. (2021). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media.
Masgumelar, N.K, Dwiyogo, W. ., & Nurrochmah, S. (2019). Modifikasi Permainan menggunakan Blended Learning Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembagan, 4(7), 979–986.
Masgumelar, Ndaru Kukuh, & Mustafa, P. S. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme: Implementasi dan Implikasinya dalam Pendidikan dan Pembelajaran. GHAITSA : Islamic Education, 2(1), 49–57. http://liyarizkifadillah1997.blogspot.com/2019/01/teori-belajar-konstruktivisme.html
Mokalu, V. R., Panjaitan, J. K., Boiliu, N. I., & Rantung, D. A. (2022). Hubungan Teori Belajar dan Teknologi Pendidikan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1475–1486. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2192
Muhajirah. (2020). Basic of Learning Theory (Behaviorism, Cognitivism, Constructivism and humanism). International Journal of Asian Education , Vol.1(June 2020), 37–42. https://media.neliti.com/media/publications/319060-basic-of-learning-theory-behaviorism-cog-05a8f817.pdf
Mulyadi, M. (2022). Teori Belajar Konstruktivisme Dengan Model Pembelajaran (Inquiry). Al Yasini: Jurnal Keislaman, Sosial, Hukum Dan Pendidikan, 7(2), 174–187.
Mustafa, P. ., & Winarno, M. . (2020). Pengembangan Buku Ajar Pengajaran Remedial dalam Pendidikan Jasmani untuk Mahasiswa S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Universitas Negeri Malang. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 19(1), 1–12.
Muzakki, H., Yulia Hidayatul Umah, R., & Mudawinun Nisa’, K. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme Maria Montessori Dan Penerapannya Di Masa Pandemi Covid-19. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 6(1). https://doi.org/10.21154/ibriez.v6i2.164
Mytra, P., Asrafiani, A., Budi, A., Hardiana, H., & Irmayanti, I. (2022). Implementasi Teori Belajar Behavioristik dalam Pembelajaran Matematika. JTMT: Journal Tadris Matematika, 3(2), 45–54. https://doi.org/10.47435/jtmt.v3i2.1253
Newby, T.., Stepich, D.., Lehman, J.. & Russel, J. . (2000). Instructional Technology for Teaching and Learning: Designing Instruction, Integrating Computers and Using Medi. New Jersey: Prentice Hall Inc.
Nurlina, Nurfadilla, & Bahri, A. (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran. In LPP UNISMUH MAKASSAR. Makassar: CV Cahaya Timur.
Rahayu, R. (2022). Implementasi Teori Pembelajaran Konstruktivistik Di Sekolah Dasar. http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7061
Rondonuwu, V. W. K., Mewo, Y. M., & Wungouw, H. I. S. (2021). Pendidikan Kedokteran di Masa Pandemi COVID-19 Dampak Pembelajaran Daring Bagi Mahasiswa Fakultas Kedokteran Angkatan 2017 Unsrat. Jurnal Biomedik, 13(1), 67–75. https://doi.org/https://doi.org/10.35790/jbm.13.1.2021.31764
Saputro, M. N. A., & Pakpahan, P. . (2021). Mengukur Keefektifan Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 4(1), 24–39. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/joeai.v4i1.2151
Sugrah, N. U. (2020). Implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran sains. Humanika, 19(2), 121–138. https://doi.org/10.21831/hum.v19i2.29274
Suhendi, A., & Purwarno. (2018). Constructivist Learning Theory: The Contribution to Foreign Language Learning and Teaching. KnE Social Sciences, 3(4), 87. https://doi.org/10.18502/kss.v3i4.1921
Supardan, D. (2016). Teori Dan Praktik Pendekatan Konstruktivisme Dalam Pembelajaran,. Edunomic, 4(1).
Supardi, A. A., Gusmania, Y., & Amelia, F. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Konstruktivisme Pada Materi Logaritma. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1), 80–92. https://doi.org/10.26877/aks.v10i1.3744
Suparlan, S. (2019). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Islamika, 1(2), 79–88. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.208
Umbara, U. (2017). Implikasi Teori Belajar Konstruktivisme dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 3(1), 31–38. https://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/siklus/article/view/298%0Ahttp://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jana.2015.10.005%0Ahttp://www.biomedcentral.com/1471-2458/12/58%0Ahttp://ovidsp.ovid.com/ovidweb.cgi?T=JS&P
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.