Pengembangan Website Pembelajaran Berbasis Literasi Sains pada Topik Global Warming Siswa Kelas VII SMP
Abstract
Permasalahan yang ditemukan pada beberapa SMP di Cilegon adalah kemampuan literasi sains siswa tergolong rendah sesuai dengan data hasis AKM. Pengembangan media pembelajaran website berbasis literasi sains menjadi resolusi dari permasalahan pembelajaran yang dihadapi siswa. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengembangkan produk berbentuk website selamatkan bumi kita berbasis literasi sains tema global warming yang valid sehingga bisa diaplikasikan dalam pembelajaran kelas VII pada tingkat SMP. Penelitian dan pengembangan merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini dan diadaptasi dari 4-D. Model ini terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Tahapan yang telah dilakukan sampai tahap pengembangan berupa validasi ahli. Hasil dari validasi ahli materi mendapat presentase senilai 95.45% termasuk pada kriteria “sangat valid”, presentase hasil validasi ahli media senilai 88.75% termasuk pada kriteria “sangat valid”, dan validasi praktisi mendapatkan presentase nilai 90.79% masuk pada kriteria “sangat valid”. Nilai presentase rata-rata dari para ahli didapatkan perhitungan senilai 91.66% masuk pada kriteria “sangat valid” sehingga media pembelajaran website berbasis literasi sains dapat digunakan oleh siswa maupun guru pada tingkat SMP sebagai media pembelajaran pendukung pada tema global warming. Perlu dilakukan uji coba lebih lanjut terkait media pembelajaran website berbasis literasi sains.
Downloads
References
Anjarsari, P. (2014). Literasi sains dalam kurikulum dan pembelajaran IPA SMP. Prosiding Semnas Pensa VI” Peran Literasi Sains” Surabaya, 20.
Cahyahatini, A.F., Sjaifuddin, S., Taufik, A.N. (2023). Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Kearifan Lokal Kesenianku Rampak Bedug untuk Melatih Keterampilan Literasi Sains Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 12(1), 207-213. https://doi.org/10.24036/jbmp.v12i1.
Devi, S., Sjaifuddin, S., & Nestiadi, A. (2023). Pengembangan E-book Berbasis Web (Google Sites) dalam Mengatasi Learning Loss Siswa Kelas IX SMP pada Tema Lingkungan Sahabat Kita. EKSAKTA: Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 8(1), 48–56. http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v8i1.48-56
Febrianti, F. A. (2021). Pengembangan Digital Book Berbasis Flip PDF Professional untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 4(2), 102. https://doi.org/10.33603/caruban.v4i2.5354
Fitra, J., & Maksum, H. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dengan Aplikasi Powntoon pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 1. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.31524
Hermayenti, S., Rahayu, S., & Wijaya, W. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Terpadu Connected (Terhubung) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di SMP Negeri 4 Timpeh. KASTA: Jurnal Ilmu Sosial, Agama, Budaya Dan Terapan, 2(2), 43–53. https://doi.org/10.58218/kasta.v2i2.243
Hidayati, I. N., & Suryanto, S. (2015). Pengaruh perubahan iklim terhadap produksi pertanian dan strategi adaptasi pada lahan rawan kekeringan. Jurnal Ekonomi & Studi Pembangunan, 16(1), 42–52.
Junita, I. W., & Yuliani, Y. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Etnosains Untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Sains Pada Materi Transpor Membran. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(2), 356–367. https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n2
Lestari, L., Aprilia, L., Fortuna, N., Cahyo, R. N., Fitriani, S., Mulyana, Y., & Kusumaningtyas, P. (2023). Review: Laboratorium Virtual untuk Pembelajaran Kimia di Era Digital. Jambura Journal of Educational Chemistry, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.34312/jjec.v5i1.15008
Nahriyah, A. S., & Rachmadiarti, F. (2023). Pengembangan E-Book Berbasis Problem Based Learning pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 12(2), 321–342. https://doi.org/10.26740/bioedu.v12n2.p321-342
Pertiwi, U. D., Atanti, R. D., & Ismawati, R. (2018). Pentingnya Literasi Sains Pada Pembelajaran IPA SMP Abad 21. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 1(1), 24–29. https://doi.org/10.31002/nse.v1i1.173.
Putri, A., Sjaifuddin, S., & Berlian, L. (2022). Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Adobe Flash Pada Tema Makananku Kesehatanku Untuk Kelas VIII SMP. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 143-150. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.143-150.
Ramadhan, M. A. (2022). Pengaruh IPTEK Terhadap Pendidikan di Dunia Pendidikan. https://doi.org/https://doi.org/10.31237/osf.io/9tg3d
Rohmawati, E., Widodo, W., & Agustini, R. (2018). Membangun Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Berkonteks Socio-Scientific Issues Berbantuan Media Weblog. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 8. https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n1.p8-14
Sari, N. K. Y. I. P., Putra, M., & Asri, I. G. A. A. S. (2014). Penerapan Model Connected Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SD Negeri 3 Tampaksiring Gianyar. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1
Saski, N. H., & Sudarwanto, T. (2021). Kelayakan Media Pembelajaran Market Learning Berbasis Digital Pada Mata Kuliah Strategi Pemasaran. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1), 1118–1124. https://doi.org/10.26740/jptn.v9n1.p1118-1124
Septiani, A.D., Sjaifuddin, S., & Berlian, L. (2022). Pengembangan Instrumen Evaluasi Tes Two-Tier Multiple Choice Berbasis Literasi Sains Siswa Kelas VII Pada Tema Hujan Asam. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 8(1), 167-174. https://doi.org/10.22437/bio.v8i1.17305.
Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&d dan Penelitian Pendidikan). Metode Penelitian Pendidikan, 67.
Supeno, S., Fitriani, D. K., Wahyuni, D., & Rahayuningsih, R. (2022). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Pembelajaran IPA Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Literasi Sains. JURNAL EDUSCIENCE, 9(2), 294–304. https://doi.org/10.36987/jes.v9i2.2643
Wulandari, M. P. (2019). Keefektifan penggunaan media video animasi IPA SD berbasis literasi sains terhadap hasil belajar siswa kelas IV. JURNAL PANCAR (Pendidik Anak Cerdas Dan Pintar), 3(2).
Wulandari, F., Sjaifuddin, S., & Vitasari, M., (2022). Analisis Miskonsepsi Siswa pada Mata Pelajaran IPA SMP Kota Tangerang Tema Pemanasan Global dengan Metode CRI (Certainty of Response Index). EKSAKTA: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 7(2), 303-314. https://doi.org/10.31604/eksakta.v7i2.303-314.
Wulandari, N., & Sholihin, H. (2016). Analisis Kemampuan Literasi Sains Pada Aspek Pengetahuan dan Kompetensi Sains Siswa Smp Pada Materi Kalor. EDUSAINS, 8(1). https://doi.org/10.15408/es.v8i1.1762
Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.