Validitas dan Praktikalitas Modul Ajar Berbasis Project Based Learning pada Materi Perubahan Fisika dan Kimia Kelas X SMA/MA
Abstract
Kurikulum merdeka adalah program yang dikeluarkan oleh Kemendikbud dalam peluncuran program sekolah penggerak. Kurikulum merdeka merupakan desain pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk belajar dengan tenang, santai, menyenangkan, bebas stres dan bebas tekanan, untuk menunjukkan bakat alaminya dan sesuai dengan kebutuhannya. Tuntutan kurikulum merdeka ialah menerapkan pembelajaran yang berbasis proyek dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning. Tujuan dari penelitian ini ialah menghasilkan modul ajar berbasis Project Based Learning pada materi perubahan fisika dan kimia kelas X SMA/MA yang valid dan praktis. Metode penelitian ini ialah research and development (R&D) dengan modifikasi model pengembangan Plomp yang melalui tiga tahap yaitu, investigasi awal, tahap prototipe, dan tahap penilaian. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil validitas dengan rata-rata skor sebesar 0,87 dengan kriteria valid; hasil asesmen peserta didik dengan rata-rata nilai evaluasi 89 dengan kriteria diatas KKM; serta hasil praktikalitas guru dan peserta didik dengan rata-rata persentase 92% dengan kriteria sangat baik. Sehingga, dapat disimpulkan modul ajar berbasis Project Based Learning materi perubahan fisika dan kimia ini valid dan praktis.
Downloads
References
Dini, F., Nesri, P., Kristanto, Y. D., & Sanata, U. (2020). PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBANTUAN TEKNOLOGI UNTUK MENGEMBANGKAN KECAKAPAN ABAD 21 SISWA Pendidikan Matematika , Universitas Sanata Dharma Yogyakarta , Indonesia E-mail : Abstrak PENDAHULUAN Abad 21 memberikan banyak peluang bagi dunia pendidikan untuk be. 9(3), 480–492.
Dulyapit, A., Supriatna, Y., & Sumirat, F. (2023). Application of the Problem Based Learning (PBL) Model to Improve Student Learning Outcomes in Class V at UPTD SD Negeri Tapos 5, Depok City. JOINME (Journal of Insan Mulia Education), 1(1), 31–37.
Fadhillah, F., & Andromeda, A. (2020). Validitas dan Praktikalitas E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Laboratorium Virtual pada Materi Hidrolisis Garam kelas XI SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 4(2), 179. https://doi.org/10.24036/jep/vol4-iss2/516
Harisman, Y. (2016). Validitas Dan Praktikalitas Modul Untuk Materi Fungsi Pembangkit Pada Perkuliahan Matematika Diskrit Di Stkip Pgri Sumatera Barat. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 4(2). https://doi.org/10.12928/admathedu.v4i2.4801
Hartono, D. P., & Asiyah, S. (2018). PjBL untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa: Sebuah Kajian Deskriptif tentang Peran Model Pembelajaran PjBL dalam Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang, 2(1), 1–11.
Hutabarat, H., Elindra, R., & Harahap, M. S. (2022). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Di Sma Negeri Sekota Padangsidimpuan. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(3), 58–69.
Irman, S., & Waskito, W. (2020). Validasi Modul Berbasis Project Based Learning pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 260–269.
Issue, V., Padang, S., Yunus, Y., Wijaya, I., & Kamil, I. (2020). Jurnal PTI ( Pendidikan Teknologi Informasi ) Pengujian Validitas Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Adminitrasi Server Jaringan ( ASJ ) Kelas IX TKJ Jurnal PTI ( Pendidikan Teknologi Informasi ). 7(2), 35–43.
Karim, N. (2015). Critical Thinking Ability of Students in Learning in Learning Mathematics Using the Jucama Model in Middle School. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 93–104.
Kurniawan, H. R., Elmunsyah, H., & Muladi, M. (2018). Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan Think Pair Share (TPS) Berbantuan Modul Ajar Terhadap Kemandirian dan Hasil Belajar Rancang Bangun Jaringan. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 3(2), 80. https://doi.org/10.26740/jp.v3n2.p80-85
Lestari, L., Alberida, H., & Rahmi, Y. L. (2018). Validitas dan Praktikalitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Materi Kingdom Plantae Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Peserta Didik Kelas X SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 2(2), 170. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss2/245
Nieveen, N., & Folmer, E. (2013). Educational Design Research Educational Design Research. Netherlands Institute for Curriculum Development: SLO, 1–206.
Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak dan Modul Elektronik Pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 17–25.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Rambe, P. (2023). The Impact of Problem-Based Learning Learning Methods on the Development of Islamic Education Learning. JOINME (Journal of Insan Mulia Education), 1(1), 25–30.
Safitri, Y. F., Melati, H. A., & Lestari, I. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Project Based Learning Pada Materi Perubahan Fisika dan Kimia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(9), 1–11.
Siswandi, E. (2021). SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA Vol. 1 No. 1 Mei 2021 61. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 1(1), 76–85.
Solomon, B. G. (2008). techLEARNING . com | Technology & Learning - The Resource for Education Technolog ... Project-Based Learning : a Primer techLEARNING . com | Technology & Learning - The Resource for Education Technolog ... Page 2 of 3. Technology & Learning, 2–4.
Surahman, S., & Ainur Alam Budi Utomo. (2022). Program Sekolah Penggerak Sebagai Dasar Kurikulum Prototipe Berdasar Keputusan Mendikbudristek Nomor 317/M/2021 Pada Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar, 7(1), 41–48. https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v7i1.2097
Syukra, H. (2019). Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Virtual Laboratory Untuk Sma / Ma. 877–886.
Widyasari, E. (2019). Pembelajaran Berbasis Riset sebagai Upaya Peningkatan Minat Belajar Siswa terhadap Materi Perubahan Fisika Kimia. Indonesian Journal of Instructional Media and Model, 1(1), 10–15. https://doi.org/10.32585/ijimm.v1i1.313
Zaputra, R., Festiyed, F., Adha, Y., & Yerimadesi, Y. (2021). Meta-Analisis: Validitas Dan Praktikalitas Modul Ipa Berbasis Saintifik. Bio-Lectura, 8(1), 45–56. https://doi.org/10.31849/bl.v8i1.6039
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.