Pengembangan LKPD Terintegrasi STEAM-PjBL pada Materi Termokimia Kelas XI SMA

  • Risani Baiti Akmal Universitas Negeri Padang
  • Syamsi Aini Universitas Negeri Padang

Abstract

Penelitian pengembangan ini telah dihasilkan bahan ajar berupa lembar kerja peserta didik (LKPD) terintegrasi STEAM-PjBL pada materi Termokimia. Hasil pengembangan bahan ajar yang telah dirancang dilakukan pengujian validitas dan praktikalitas untuk memenuhi syarat suatu LKPD. Penelitian pengembangan LKPD ini menggunakan metode R&D (Research and Development) yaitu penelitian dan pengembangan, dengan model 4-D. Model 4-D ini memiliki 4 tahap, yaitu: (1) define, (2) design, (3) develop dan (4) disseminate. Tahapan pengembangan ini hanya dilaksanakan hingga tahap develop. Dalam penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket validasi terdiri dari angket validasi isi dan konstruk serta angket praktikalitas. Validasi dilakukan oleh 5 orang validator, terdiri dari dosen kimia FMIPA UNP sebanyak 3 orang, dosen teknik FT UNP 1 orang dan 1 orang guru kimia SMA. Pengujian praktikalitas dilakukan oleh 2 orang guru kimia SMA dan peserta didik kelas XI dari SMAN 13 Padang. Pengujian terhadap LKPD ini akan dihasilkan data yang akan dianalisis menggunakan formula Aiken’s V. Berdasarkan hasil analisis dapat diikhtisarkan bahwa LKPD terhasil merupakan produk bahan ajar yang dikategorikan valid didasari oleh nilai V sebesar 0,86. Pengujian praktikalitas diperoleh hasil data berupa nilai NP dari guru dan peserta didik sejumlah 0,90 dan 0,92 yang mana hal ini dikategorikan pada kategori sangat praktis.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: LKPD, Termokimia, STEAM-PjBL, Model 4D

References

Akbar, F. I., & Hartono, R. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik dengan Model Pengembangan 4-D pada Materi Mitigasi Bencana dan Adaptasi Bencana Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Geografi, 22(2), 135–147. https://doi.org/10.17977/um017v22i22017p135

Alvionita, D., Sudomo, J., & Widhy, P. (2021). Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti Development Of Student Worksheet Oriented On Steam With PjBL Model On Environmental Pollution Matter To Improve Creative Thinking Skill. Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti, 5(2), 2021–2111. http://e-journal.ups.ac.id/index.php/jpmp

Anggraini, W., Anwar, Y., & Madang, K. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Learning Cycle 7E Materi Sistem Sirkulasi pada Manusia untuk Kelas XI SMA. Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi Dan Pembelajarannya, 3(1), 49–57.

Annafi, N., Ashadi, & Mulyani, S. (2015). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Termokimia Kelas XI SMA/MA. Jurnal Inkuiri, 4(3), 21–28. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sains

Arywiantari, D., A A Gede Agung, & I Dewa Kade Tastra. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Model 4D Pada Pembelajaran Ipa Di Smp Negeri 3 Singaraja. Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan, 3(1), 1–12.

Astuti, I. D., Toto, T., & Yulisma, L. (2019). MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERINTEGRASI STEM UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 11(2), 93. https://doi.org/10.25134/quagga.v11i2.1915

Bornstein, M. H. (2018). Science, Technology, Engineering, and Mathematics. The SAGE Encyclopedia of Lifespan Human Development, September, 1–18. https://doi.org/10.4135/9781506307633.n706

Insyasiska, D., Zubaidah, S., Susilo, H., Biologi, P., & Malang, U. N. (n.d.). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar , Kreativitas , Kemampuan Berpikir Kritis , Dan.

Kipfer, B. A. (2021). Metope. Encyclopedic Dictionary of Archaeology, 9(2252), 852–853. https://doi.org/10.1007/978-3-030-58292-0_130436

Lawhon, D. (1976). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Journal of School Psychology, 14(1), 75. https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2

Lestari, L., Alberida, H., & Rahmi, Y. L. (2018). Validitas dan Praktikalitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Materi Kingdom Plantae Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Peserta Didik Kelas X SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 2(2), 170. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss2/245

Lestari, S. (2021). Pengembangan Orientasi Keterampilan Abad 21 pada Pembelajaran Fisika melalui Pembelajaran PjBL-STEAM Berbantuan Spectra-Plus. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(3), 272–279. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i3.243

Machali, I. (1970). Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 71. https://doi.org/10.14421/jpi.2014.31.71-94

Maydiantoro, A. (2020). Model Penelitian Pengembangan. Chemistry Education Review (CER), 3(2), 185.

Muharika, D., & Agus, F. R. (2019). Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 6(1), 80–86.

Mulyatiningsih, E. (2015). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN Endang. Islamic Education Journal, 35,110,114,120,121.

Nasution, S., Afrianto, H., NURFADILLAH SALAM, S. & J., Nim, N., Sadjati, I. M., Agent, S. G., Sifat, T., Dan, F., Studi, P., Pangan, T., Pertanian, F. T., Katolik, U., Mandala, W., & Aceh, D. (2017). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Pendidikam, 3(1), 1–62. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Pérez, J. E., García, J., Muñoz, I., Alonso, A. S., & Puche, P. L. (2010). Cooperative learning vs. project based learning: A practical case. 2010 IEEE Education Engineering Conference, EDUCON 2010, 1573–1582. https://doi.org/10.1109/EDUCON.2010.5492341

Syafe’i, S. S., & Effendi, E. (2020). Pengembangan LKPD Terintegrasi STEM-PjBL (Science, Technology, Engineering, And Mathematics-Project Based Learning) pada Materi Termokimia. Edukimia, 2(2), 85–90. https://doi.org/10.24036/ekj.v2.i2.a124

Yerimadesi, Y., Bayharti, B., & Oktavirayanti, R. (2018). Validitas Dan Praktikalitas Modul Reaksi Redoks dan Sel Elektrokimia Berbasis Guided Discovery Learning untuk SMA. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 2(1), 17. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss1/143

Published
2023-06-02
How to Cite
Risani Baiti Akmal, & Syamsi Aini. (2023). Pengembangan LKPD Terintegrasi STEAM-PjBL pada Materi Termokimia Kelas XI SMA. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(2), 390-397. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.966
Abstract viewed = 496 times
PDF downloaded = 540 times