Analisis Penggunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Mata Kuliah Kimia Terapan
Abstract
Di era digital, penggunaan smarthphone saat ini sudah meluas hingga semua lapisan masyarakat. Berbagai aplikasi yang ada di smarthphone biasa digunakan dalam kegiatan pembelajaran, salah satu aplikasi yang sering digunakan adalah quizizz. Quizizz merupakan aplikasi berbasis game yang biasa digunakan untuk pretest maupun posttest. Dalam mata kuliah Kimia Terapan, evaluasi pembelajaran selama ini dilakukan secara tertulis. Melihat mahasiswa yang sangat tertarik bermain game dan sangat lekat dengan smarthphone, maka peneliti berinisiatif untuk melakukan penelitian ini. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penggunaan aplikasi quizizz dalam evaluasi pembelajaran untuk mata kuliah Kimia Terapan. Penelitian ini dilakukan di Politeknik Raflesia pada akhir semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 terhadap 26 mahasiswa teknik mesin Politeknik Raflesia yang mengambil mata kuliah Kimia Terapan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa mahasiswa merasa evaluasi pembelajaran dengan menggunakan aplikasi quizizz lebih mudah, lebih menarik dan hasil penilaian dirasa lebih objektif.
Downloads
References
Andriyati Mardiyah, A. (2022). Implementasi Aplikasi Quizizz Sebagai Alternative Media. Print), 5, 165–174. http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/matapena/article/view/1913
APJII. (2022). Hasil Survey Profil Internet Indonesia. apjii.or.id
Centauri, B. (2019). Efektivitas Kahoot! Sebagai Media Pembelajaran Kuis Interaktif Di SDN-7 Bukit Tunggal. Jurnal: Seminar Nasional Pendidikan Mipa Dan Teknologi (SNPMT II), 1(1), 124–133. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/snpmt2/article/view/1360
Hamidah, M. H., & Wulandari, S. S. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Hots Menggunakan Aplikasi “Quizizz.” Efisiensi : Kajian Ilmu Administrasi, 18(1), 105–124. https://doi.org/10.21831/efisiensi.v18i1.36997
Laksana, I. P. Y. (n.d.). Prosedur pengembangan evaluasi pada pembeajaran era society. CV. Media Sains Indonesia.
Merentek, T. C., Sumual, H., Usoh, E. J., & Rotty, V. N. J. (2022). Penggunaan Quizizz dalam Evaluasi Pembelajaran Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Tomohon. Celebes Education Review, 4(2), 101–109.
Nurmalia, L., Lutfi, L., Rosmi, F., & Emorad, A. I. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Mahasiswa Melalui Aplikasi Edukasi Quizizz Pada Mata Kuliah Perkembangan Pendidikan Sd Umj. Jurnal Holistika, 5(2), 133. https://doi.org/10.24853/holistika.5.2.133-140
Nurmanita, M. (2022). Efektivitas Pembelajaran Pancasila Berbasis Google Sites Berbantuan Quizizz untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(1), 137. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i1.644
Nursalam, N., Bani, S., & Munirah, M. (2016). Bentuk Kecurangan Akademik (Academic Cheating) Mahasiswa Pgmi Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Alauddin Makassar. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 16(2), 127–138. https://doi.org/10.24252/lp.2013v16n2a1
Rahman, R., Kondoy, E., & Hasrin, A. (2020). Penggunaan Aplikasi Quizziz Sebagai Media Pemberian Kuis Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3), 60–66. https://doi.org/10.58258/jisip.v4i3.1161
Sari, R. K., & Nurani, S. (2021). Quizizz atau Kahoot! Gamifikasi dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(3), 78–86.
Silitonga, H., & Irvan, I. (2021). Pembelajaran Menyenangkan Dengan Aplikasi Quizizz Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 2(2), 144. https://doi.org/10.30596/jppp.v2i2.7082
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (11th ed.). ALFABETA.
Wahyudi, W., Rufiana, I. S., & Nurhidayah, D. A. (2020). Quizizz: Alternatif Penilaian di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 8(2), 95–108. https://doi.org/10.25139/smj.v8i2.3062
Wijayanti, R., Hermanto, D., & Zainudin, Z. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Quizizz Pada Matakuliah Matematika Sekolah Ditinjau dari Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 347–356. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.470
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.