Analisis Penggunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Mata Kuliah Kimia Terapan

  • Silvia Syeptiani Politeknik Raflesia

Abstract

Di era digital, penggunaan smarthphone saat ini sudah meluas hingga semua lapisan masyarakat. Berbagai aplikasi yang ada di smarthphone biasa digunakan dalam kegiatan pembelajaran, salah satu aplikasi yang sering digunakan adalah quizizz. Quizizz merupakan aplikasi berbasis game yang biasa digunakan untuk pretest maupun posttest. Dalam mata kuliah Kimia Terapan, evaluasi pembelajaran selama ini dilakukan secara tertulis. Melihat mahasiswa yang sangat tertarik bermain game dan sangat lekat dengan smarthphone, maka peneliti berinisiatif untuk melakukan penelitian ini. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penggunaan aplikasi quizizz dalam evaluasi pembelajaran untuk mata kuliah Kimia Terapan. Penelitian ini dilakukan di Politeknik Raflesia pada akhir semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 terhadap 26 mahasiswa teknik mesin Politeknik Raflesia yang mengambil mata kuliah Kimia Terapan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa mahasiswa merasa evaluasi pembelajaran dengan menggunakan aplikasi quizizz lebih mudah, lebih menarik dan hasil penilaian dirasa lebih objektif.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Quizizz, Evaluasi Pembelajaran, Kimia Terapan

References

Andriyati Mardiyah, A. (2022). Implementasi Aplikasi Quizizz Sebagai Alternative Media. Print), 5, 165–174. http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/matapena/article/view/1913

APJII. (2022). Hasil Survey Profil Internet Indonesia. apjii.or.id

Centauri, B. (2019). Efektivitas Kahoot! Sebagai Media Pembelajaran Kuis Interaktif Di SDN-7 Bukit Tunggal. Jurnal: Seminar Nasional Pendidikan Mipa Dan Teknologi (SNPMT II), 1(1), 124–133. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/snpmt2/article/view/1360

Hamidah, M. H., & Wulandari, S. S. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Hots Menggunakan Aplikasi “Quizizz.” Efisiensi : Kajian Ilmu Administrasi, 18(1), 105–124. https://doi.org/10.21831/efisiensi.v18i1.36997

Laksana, I. P. Y. (n.d.). Prosedur pengembangan evaluasi pada pembeajaran era society. CV. Media Sains Indonesia.

Merentek, T. C., Sumual, H., Usoh, E. J., & Rotty, V. N. J. (2022). Penggunaan Quizizz dalam Evaluasi Pembelajaran Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Tomohon. Celebes Education Review, 4(2), 101–109.

Nurmalia, L., Lutfi, L., Rosmi, F., & Emorad, A. I. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Mahasiswa Melalui Aplikasi Edukasi Quizizz Pada Mata Kuliah Perkembangan Pendidikan Sd Umj. Jurnal Holistika, 5(2), 133. https://doi.org/10.24853/holistika.5.2.133-140

Nurmanita, M. (2022). Efektivitas Pembelajaran Pancasila Berbasis Google Sites Berbantuan Quizizz untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(1), 137. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i1.644

Nursalam, N., Bani, S., & Munirah, M. (2016). Bentuk Kecurangan Akademik (Academic Cheating) Mahasiswa Pgmi Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Alauddin Makassar. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 16(2), 127–138. https://doi.org/10.24252/lp.2013v16n2a1

Rahman, R., Kondoy, E., & Hasrin, A. (2020). Penggunaan Aplikasi Quizziz Sebagai Media Pemberian Kuis Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3), 60–66. https://doi.org/10.58258/jisip.v4i3.1161

Sari, R. K., & Nurani, S. (2021). Quizizz atau Kahoot! Gamifikasi dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(3), 78–86.

Silitonga, H., & Irvan, I. (2021). Pembelajaran Menyenangkan Dengan Aplikasi Quizizz Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 2(2), 144. https://doi.org/10.30596/jppp.v2i2.7082

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (11th ed.). ALFABETA.

Wahyudi, W., Rufiana, I. S., & Nurhidayah, D. A. (2020). Quizizz: Alternatif Penilaian di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 8(2), 95–108. https://doi.org/10.25139/smj.v8i2.3062

Wijayanti, R., Hermanto, D., & Zainudin, Z. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Quizizz Pada Matakuliah Matematika Sekolah Ditinjau dari Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 347–356. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.470

Published
2023-06-07
How to Cite
Silvia Syeptiani. (2023). Analisis Penggunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Mata Kuliah Kimia Terapan. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(2), 417-422. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.981
Abstract viewed = 676 times
PDF downloaded = 293 times