Pengembangan E-Majisains pada Pembelajaran IPA Tema Pengelolaan Si Hijau untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP

  • Siti Nurholipah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Lukman Nulhakim Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Lulu Tunjung Biru Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Abstract

Dalam kurikulum 2013 kemampuan untuk berpikir kreatif penting sehingga perlu dimiliki oleh setiap siswa. Akan tetapi proses pembelajaran IPA untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif di SMP belum dilaksanakan secara optimal. Oleh karena itu, siswa harus difasilitasi dengan alat penunjang seperti media pembelajaran e-majisains. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan dan mengetahui tingkat validasi dari media pembelajaran e-majisains yang sudah dibuat. Metode pada penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) dengan adaptasi berdasarkan model 4-D. Pada model ini terdiri atas 4 tahapan yaitu define, design, develop, disseminate. Tetapi, penelitian ini dibatasi hanya sampai pada tahap develop khususnya pada tingkat validasi ahli. Untuk mengukur tingkat kevalidan produk digunakan lembar angket validasi ahli yang dinilai oleh masing-masing dua orang ahli materi, media dan praktisi. Hasil keseluruhan pada penelitian memperolah nilai 84,41% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan rekapitulasi validasi yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa pengembangan e-majisains pada pembelajaran IPA tema pengelolaan si hijau dapat menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif, E-Majisains, Pengelolaan Si Hijau

References

Ahmad Yani. (2014). Mindset Kurikulum 2013 (1st ed.). CV Alfabeta.

Anas Sudijono. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. PT. Raja Grafindo Persada.

Arini, W. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Cahaya Siswa Kelas Delapan Smp Xaverius Kota Lubuklinggau. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 1(1), 23–38. https://ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpm/workflow/index/982/4#https://doi.org/10.31539/spej.v1i1.41

Effendi, K. N., & Farlina, E. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP kelas VII dalam Penyelesaian Masalah Statistika. Jurnal Analisa, 3(2), 130–137. https://doi.org/10.15575/ja.v3i2.2013

Eko Putro Widoyoko. (2012). Teknik penyusunan instrumen penelitian (Pertama). Pustaka Pelajar.

Maimunah. (2016). Metode Penggunaan Media Pembelajaran. Al-Afkar, 5, 1–24.

Nesya Arantika Dewi, & Agus Wasisto Dwi Doso Warso. (2014). Pengembangan Majalah Green Sebagai Media Pembelajaran Biologi pada Materi Sistem Reproduksi Manusia untuk Siswa Kelas XI IPA SMA. Agus Wasisto Dwi Doso Warso, 1, 155–157.

Priscylio, G., & Anwar, S. (2019). Integrasi Bahan Ajar IPA Menggunakan Model Robin Fogarty Untuk Proses Pembelajaran IPA Di SMP. Pijar MIPA, 14, 1–12. https://doi.org/10.29303/ jpm.v14i1.966

Purwaningrum, J. P. (2016). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Discovery Learning. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 6 No. 2. https://doi.org/10.23969/pjme.v6i2.2657

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Belajar.

Said Alwi. (2017). Problematika Guru Dalam Pengembangan Media Pembelajaran. Ilmu-Ilmu Kependidikan, 8.

Siti Asfuriyah, & Murbangun Nuswowati. (2015). Pengembangan Majalah Sains Berbasis Contextual Learning Pada Tema Pemanasan Global Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Unnes Science Education Journal, 4, 739–746.

Suci Khairani, Asrizal, & Harman Amir. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Terpadu Berorientasi Pembelajaran Kontekstual Tema Pemanfaatan Tekanan Dalam Kehidupan Untuk Meningkatkan Literasi Siswa Kelas VIII SMP. Pillar of Physics Education, 10, 153–160.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Thiagarajan, Dorothy S, Semmel, & Melvyn I. (1974). Instructional Development For Training Teachers Of Exceptional Children. Center For Innovation On Teaching The Handicapped.

Published
2023-06-07
How to Cite
Siti Nurholipah, Lukman Nulhakim, & Lulu Tunjung Biru. (2023). Pengembangan E-Majisains pada Pembelajaran IPA Tema Pengelolaan Si Hijau untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(2), 430-435. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.982
Abstract viewed = 125 times
PDF downloaded = 133 times