Pengembangan E-Majisains pada Pembelajaran IPA Tema Pengelolaan Si Hijau untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP
Abstract
Dalam kurikulum 2013 kemampuan untuk berpikir kreatif penting sehingga perlu dimiliki oleh setiap siswa. Akan tetapi proses pembelajaran IPA untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif di SMP belum dilaksanakan secara optimal. Oleh karena itu, siswa harus difasilitasi dengan alat penunjang seperti media pembelajaran e-majisains. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan dan mengetahui tingkat validasi dari media pembelajaran e-majisains yang sudah dibuat. Metode pada penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) dengan adaptasi berdasarkan model 4-D. Pada model ini terdiri atas 4 tahapan yaitu define, design, develop, disseminate. Tetapi, penelitian ini dibatasi hanya sampai pada tahap develop khususnya pada tingkat validasi ahli. Untuk mengukur tingkat kevalidan produk digunakan lembar angket validasi ahli yang dinilai oleh masing-masing dua orang ahli materi, media dan praktisi. Hasil keseluruhan pada penelitian memperolah nilai 84,41% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan rekapitulasi validasi yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa pengembangan e-majisains pada pembelajaran IPA tema pengelolaan si hijau dapat menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP.
Downloads
References
Ahmad Yani. (2014). Mindset Kurikulum 2013 (1st ed.). CV Alfabeta.
Anas Sudijono. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. PT. Raja Grafindo Persada.
Arini, W. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Cahaya Siswa Kelas Delapan Smp Xaverius Kota Lubuklinggau. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 1(1), 23–38. https://ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpm/workflow/index/982/4#https://doi.org/10.31539/spej.v1i1.41
Effendi, K. N., & Farlina, E. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP kelas VII dalam Penyelesaian Masalah Statistika. Jurnal Analisa, 3(2), 130–137. https://doi.org/10.15575/ja.v3i2.2013
Eko Putro Widoyoko. (2012). Teknik penyusunan instrumen penelitian (Pertama). Pustaka Pelajar.
Maimunah. (2016). Metode Penggunaan Media Pembelajaran. Al-Afkar, 5, 1–24.
Nesya Arantika Dewi, & Agus Wasisto Dwi Doso Warso. (2014). Pengembangan Majalah Green Sebagai Media Pembelajaran Biologi pada Materi Sistem Reproduksi Manusia untuk Siswa Kelas XI IPA SMA. Agus Wasisto Dwi Doso Warso, 1, 155–157.
Priscylio, G., & Anwar, S. (2019). Integrasi Bahan Ajar IPA Menggunakan Model Robin Fogarty Untuk Proses Pembelajaran IPA Di SMP. Pijar MIPA, 14, 1–12. https://doi.org/10.29303/ jpm.v14i1.966
Purwaningrum, J. P. (2016). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Discovery Learning. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 6 No. 2. https://doi.org/10.23969/pjme.v6i2.2657
Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Belajar.
Said Alwi. (2017). Problematika Guru Dalam Pengembangan Media Pembelajaran. Ilmu-Ilmu Kependidikan, 8.
Siti Asfuriyah, & Murbangun Nuswowati. (2015). Pengembangan Majalah Sains Berbasis Contextual Learning Pada Tema Pemanasan Global Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Unnes Science Education Journal, 4, 739–746.
Suci Khairani, Asrizal, & Harman Amir. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Terpadu Berorientasi Pembelajaran Kontekstual Tema Pemanfaatan Tekanan Dalam Kehidupan Untuk Meningkatkan Literasi Siswa Kelas VIII SMP. Pillar of Physics Education, 10, 153–160.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Thiagarajan, Dorothy S, Semmel, & Melvyn I. (1974). Instructional Development For Training Teachers Of Exceptional Children. Center For Innovation On Teaching The Handicapped.
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.