Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis e-Katalog untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP pada Tema Makanan Berbahaya
Abstract
Perangkat yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran ialah media pembelajaran. Berlandaskan hasil wawancara dan observasi di sekolah didapatkan jika media yang diterapkan belum dikembangkan ke dalam media digital dan media yang digunakan belum cukup memikat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan tingkat validasi pengembangan media pembelajaran berbasis e-Katalog untuk menumbuhkan minat belajar siswa kelas VIII SMP pada tema makanan berbahaya. Metode penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) yang diadaptasi yang berdasarkan model 4-D. Model tersebut terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu define, design, develop, dan disseminate. Akan tetapi penelitian yang dilakukan ini dibatasi hingga pada tahap develop saja terkhusus pada tingkat validasi ahli. Hasil penelitian berdasarkan perhitungan uji tingkat validasi didapatkan rata-rata 84,70% kategori sangat baik. Perhitungan skor ini menunjukkan hasil tingkat validasi media pembelajaran berbasis e-Katalog untuk menumbuhkan minat belajar siswa kelas VIII SMP tema makanan berbahaya bahwa validasi ahli materi mencapai persentase 77,5% kategori sangat baik, validasi ahli media mencapai persentase 85,18% kategori sangat baik dan validasi ahli pendidik mencapai persentase 91,44% kategori sangat baik. Sehingga produk pengembangan media pembelajaran berbasis e-Katalog untuk menumbuhkan minat belajar siswa kelas VIII SMP pada tema makanan berbahaya dikatakan valid.
Downloads
References
Agustina, D., & Amboro, K. (2018). Pengembangan Desain Media Pembelajaran Berbasis Katalog. Jurnal Swarnadwipa, 2(3), 165–178. https://ojs.ummetro.ac.id/index.php/swarnadwipa/article/view/886
Ananda, R., & Abdillah. (2018). Pembelajaran Terpadu Karakteristik, Landasan, Fungsi, Prinsip Dan Model (N. S. Chaniago & M. Fadhli (eds.)). Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (Lpppi).
Astiti, K. A., Yusuf, Y. M. H., & Kalendiwau, A. J. W. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Terpadu Tipe Connected Pada Materi Zat Dan Karakteristiknya. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 6(4), 22–28. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jiaf/article/view/20052/pdf
Fitriyati, I., Hidayat, A., & Munzil. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dan Penalaran Ilmiah Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pembelajaran Sains, 1(1), 27–34. http://journal2.um.ac.id/index.php/ e-ISSN:
Listiyani, D., & Budiawati. (2022). PENYUSUNAN E-KATALOG KEANEKARAGAMAN PTERIDOPHYTA DI LINGKUNGAN SMA NEGERI 2 TEMANGGUNG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI. JURNAL EDUKASI BIOLOGI, 8(1), 46–56. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb/article/view/18173/17372
Mediawati, E. (2013). Pembelajaran Akuntansi Keuangan Melalui Media Komik Untuk Meningkatkan Prestasi Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 61–68. http://jurnal.upi.edu/file/6-Elis_Mediawati.pdf
Megandarisari, M. (2021). Adaptasi Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Inovasi Kurikulum, 18(1), 1–9. https://doi.org/10.17509/jik.v18i1.35868
Mujianto, H. (2019). PEMANFAATAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA AJAR DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR Haryadi Mujianto Program Studi Ilmu Komunikasi , Peminatan Public Relations , Universitas Garut email : haryadimujianto@uniga.ac.id Pendahuluan Youtube adalah media sosia. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 5(1), 135–159. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.10358/jk.v5i1.588.g566
Nidyasafitri, F., Serevina, V., & Rustana, C. E. (2017). Pengembangan Lks Berbasis Pbl (Problem Based Learning) Pada Pokok Bahasan Momentum Dan Impuls Fisika Sma Kelas Xi. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 2(2), 51. https://doi.org/10.17509/wapfi.v2i2.8279
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264
Nurhidayah, N., & Haryunita, H. (2020). Pengembangan Katalog Jaringan Hewan Sebagai Media Pembelajaran Materi Jaringan Hewan di SMA. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 99–107. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.692
Pohan, S. A., & Dafit, F. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1191–1197. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.898
Prabowo, S. A. (2015). The effectiveness of scientific based learning towards science process skill mastery of PGSD students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 4(1), 15–19. https://doi.org/10.15294/jpii.v4i1.3495
Solehah, N. N., Saputra, H. H., & Setiwan, H. (2022). Analisis Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN 20 Ampenan pada Masa Pandemi Covid-19 Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 229–235. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.449
Syardiansah. (2016). Hubungan motivasi belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa mata kuliah pengaturan manajemen. Manajemen Dan Keuangan, 5(1), 243. http://jurnal.unsam.ac.id/index.php/jmk/article/view/50
Widalismana, M., Baedhowi, & Sawiji, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Katalog Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA NEGERI 5 Surakarta. Open Journal Systems, 1–23. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2ekonomi/article/view/9329/6894
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.