Validitas dan Praktikalitas Modul Reaksi Kimia Berbasis Guided Discovery Learning Terintegrasi Etnosains untuk Fase E SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul reaksi kimia berbasis guided discovery learning terintegrasi etnosains untuk fase E SMA dan menganalisis validitas serta praktikalitas terhadap modul yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp dengan jenis penelitian educational design research. Penelitian ini dilaksanakan sampai tahap prototyping phase pada uji small group. Uji coba validitas modul dilakukan oleh tiga orang dosen kimia FMIPA UNP dan dua orang guru kimia di SMAN 1 Pasaman. Uji praktikalitas dilakukan oleh tiga orang guru kimia SMAN 1 Pasaman dan enam orang peserta didik fase E SMAN 1 Pasaman. Instrumen yang digunakan berupa angket validitas dan praktikalitas. Uji validitas dianalisis dengan formula Aikens’V. Hasil analisis validitas modul termasuk kategori valid dengan skor rata-rata 0,89. Hasil penilaian praktikalitas oleh guru dan peserta didik termasuk kategori sangat praktis dengan nilai persentase berturut-turut 89% dan 85%. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa modul reaksi kimia berbasis guided discovery learning terintegrasi etnosains untuk fase E SMA telah valid dan praktis.
Downloads
References
Afrilianti, N., & Yerimadesi. (2021). Validity and Practicality of Acid-Base E-Module Based on Guided Discovery Learning for Class XI SMA. Edukimia, 28(2), 307–314. http://edukimia.ppj.unp.ac.id/ojs/index.php/edukimia/article/view/118
Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149
Dewi, L. (2021). Strategi tokoh agama dalam membina perilaku keagamaan remaja di nagari maligi kecamatan sasak ranah pasisie sumatra barat.
Gultom, & A. (2023). Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis Stem Pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 8(2), 425–434. https://doi.org/10.24114/jtp.v8i2.3329
Hasibuan, H. A. (2022). Peran Modul Berbasis Kearifan Lokal Untuk Mendukung Pendidikan Merdeka Belajar. Mahesa Center, 1(1), 292–301. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.201
Haspen, C. D. T., Syafriani, S., & Ramli, R. (2021). Validitas E-Modul Fisika SMA Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Etnosains untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 5(1), 95–101. https://doi.org/10.24036/jep/vol5-iss1/548
Kartini, K. S., & Setiawan, I. K. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Tata Nama Iupac Senyawa Anorganik Berbasis Android. JIPP: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 238–245.
Kemendikbud. 2017. Panduan Praktis Penyusunan Modul Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA.
Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas pengembangan e-modul project based learning pada mata pelajaran instalasi motor listrik. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3), 306–315. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/download/21840/13513
Lailiah, I., Wardani, S., & Edi Sutanto, D. (2021). Implementasi Guided Inquiry Berbantuan E-LKPD Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Redoks Tata Nama Senyawa Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(1), 2792–2801.
Maharani, F., & Yerimadesi, Y. (2022). Pengembangan E-Modul Sistem Koloid Berbasis Guided Discovery Learning Untuk Siswa Kelas XI SMA. Edukimia, 4(2), 048–053. https://doi.org/10.24036/ekj.v4.i2.a351
Manalu, B. S., Pernando, Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). PROSIDING PENDIDIKAN DASAR URL: https://journal.mahesacenter.org/index.php/ppd/index Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. 1, 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174
Muna Lia, R., Udaibah, W., & Mulyatun. (2016). Unnes Science Education Journal Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berorientasi Etnosains Dengan Mengangkat Budaya Batik Pekalongan Info Artikel. Unnes Science Education Journal, 5(3), 1418–1423. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej
Nengsih, N. R., Yusmaita, E., & Gazali, F. (2019). Evaluasi Validitas Konten dan Konstruk Bahan Ajar Asam Basa Berbasis REACT. EduKimia, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.24036/ekj.v1i1.104017
Nesri, F. D. P., & Kristanto, Y. D. (2020). Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 480. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2925
Nofiana, M. (2020). Pengaruh Model Guided Discovery Learning Terhadap High Order Thinking Skills Siswa Kelas Xi. BIO EDUCATIO : (The Journal of Science and Biology Education), 5(1), 1–10. https://doi.org/10.31949/be.v5i1.1595
Permatasari, H. C. (2018). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Make a Match Berbantuan Modul Dalam Materi Tata Nama Senyawa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(4), 1–10.
Permatasari, W., & Yerimadesi, Y. (2020). Analisis Validitas dan Praktikalitas dari Modul Minyak Bumi Berbasis Guided Discovery Learning. Edukimia, 2(1), 25–31. https://doi.org/10.24036/ekj.v2.i1.a118
Pertiwi, U. D., & Rusyda Firdausi, U. Y. (2019). Upaya Meningkatkan Literasi Sains Melalui Pembelajaran Berbasis Etnosains. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 2(1), 120–124. https://doi.org/10.31002/nse.v2i1.476
Plomp, T., & Nieven, N. (2010). An Introduction to Educational Design Research. Netherlands: Institute for curriculum development.
Priadi, M. A., Riyanda, A. R., & Purwanti, D. (2021). Pengaruh Model Guided Discovery Learning Berbasis E-Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. IKRA-ITH HUMANIORA : Jurnal Sosial dan Humaniora, 5(2), 1–13. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/view/959
Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan media pembelajaran fisika menggunakan modul cetak dan modul elektronik pada siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 17–25. http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika
Rahayu, R., & Ismawati, R. (2022). Jurnal Pendidikan MIPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(September), 682–689.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal basicedu, 6(4), 6313–6319.
Ranti Gusti Rahayu, & Yerimadesi. (2022). Efektivitas Modul Stoikiometri Berbasis Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 425–430. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.626
Ririn, & Firda. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Terintegrasi Etnosains pada Materi Sistem Peredaran Darah untuk Siswa Kelas VIII SMP/MTs. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(4), 971–981. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i4.720
Riza, M., Firmansyah, R. A., Zammi, M., & Djuniadi, D. (2020). Pengembangan Modul Kimia Berbasis Kearifan Lokal Kota Semarang Pada Materi Larutan Asam dan Basa. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 4(1), 25–38. https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jipva/article/view/1025
Said, E. Y. F., & Yerimadesi, Y. (2021). Efektivitas Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Edukimia, 3(1), 004–008. https://doi.org/10.24036/ekj.v3.i1.a154
Samsinar, S. (2019). Urgensi Learning Resources ( Sumber Belajar ). Jurnal Kependidikan, 13, 194–205.
Smitha, V. P. (2012). Inquiry Training Model and Guided Discovery Learning for Fostering Critical
Sudarmo, Unggul (2022), IPA Kimia Untuk SMA/MA Kelas X (Kurikulum Merdeka). Surakarta: Erlangga
Sumarni, W. (2018). Etnosains Dalam Pembelajaran Kimi Prinsip, Pengembangan dan Implementasinya. Semarang: Pascasarjana UNNES
Utari, R., Andayani, Y., & Savalas, L. R. T. (2020). Pengembangan Modul Kimia Berbasis Etnosains Dengan Mengangkat Kebiasaan Petani Garam. Jurnal Pijar Mipa, 15(5), 478–481. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i5.2081
Utari, R., Andayani, Y., Savalas, L. R. T., & Anwar, Y. A. S. (2021). Pemanfaatan Hasil Pengembangan Modul Kimia Berbasis Etnosains Untuk Menanamkan Sikap Konservasi Lingkungan di Sekolah MAN 2 Lombok Tengah. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(1), 92–97. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i1.593
Wanti, R., & Yerimadesi, Y. (2019). Pengembangan Modul Ikatan Kimia Berbasis Guided Discovery Learning untuk Kelas X SMA. Edukimia, 1(1), 38–45. https://doi.org/10.24036/ekj.v1.i1.a5
Yerimadesi, Kiram, P. Y., & Lufri. (2017). BUKU MODEL Guided Discovery Learning untuk Pembelajaran Kimia (GDL-PK) SMA.
Yerimadesi, Y., Bayharti, B., Azizah, A., Lufri, L., Andromeda, A., & Guspatni, G. (2019). Effectiveness of acid-base modules based on guided discovery learning for increasing critical thinking skills and learning outcomes of senior high school student. Journal of Physics: Conference Series, 1185(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1185/1/012151
Yerimadesi, Y., Bayharti, B., & Oktavirayanti, R. (2018). Validitas Dan Praktikalitas Modul Reaksi Redoks dan Sel Elektrokimia Berbasis Guided Discovery Learning untuk SMA. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 2(1), 17. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss1/143
Yondriadi, Y., & Yerimadesi, Y. (2019). Pengembangan Modul Struktur Atom Berbasis Guided Discovery Learning untuk Kelas X SMA. Edukimia, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.24036/ekj.v1.i1.a2
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.