Validitas dan Praktikalitas Modul Reaksi Kimia Berbasis Guided Discovery Learning Terintegrasi Etnosains untuk Fase E SMA

  • Siska Handa Yani Universitas Negeri Padang
  • Yerimadesi Yerimadesi Universitas Negeri Padang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul reaksi kimia berbasis guided discovery learning terintegrasi etnosains untuk fase E SMA dan menganalisis validitas serta praktikalitas terhadap modul yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp dengan jenis penelitian educational design research. Penelitian ini dilaksanakan sampai tahap prototyping phase pada uji small group. Uji coba validitas modul dilakukan oleh tiga orang dosen kimia FMIPA UNP dan dua orang guru kimia di SMAN 1 Pasaman. Uji praktikalitas dilakukan oleh tiga orang guru kimia SMAN 1 Pasaman dan enam orang peserta didik fase E SMAN 1 Pasaman. Instrumen yang digunakan berupa angket validitas dan praktikalitas. Uji validitas dianalisis dengan formula Aikens’V. Hasil analisis validitas modul termasuk kategori valid dengan skor rata-rata 0,89. Hasil penilaian praktikalitas oleh guru dan peserta didik termasuk kategori sangat praktis dengan nilai persentase berturut-turut 89% dan 85%. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa modul reaksi kimia berbasis guided discovery learning terintegrasi etnosains untuk fase E SMA telah valid dan praktis.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Etnosains, Fase E, Guided Discovery Learning, Modul

References

Afrilianti, N., & Yerimadesi. (2021). Validity and Practicality of Acid-Base E-Module Based on Guided Discovery Learning for Class XI SMA. Edukimia, 28(2), 307–314. http://edukimia.ppj.unp.ac.id/ojs/index.php/edukimia/article/view/118

Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149

Dewi, L. (2021). Strategi tokoh agama dalam membina perilaku keagamaan remaja di nagari maligi kecamatan sasak ranah pasisie sumatra barat.

Gultom, & A. (2023). Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis Stem Pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 8(2), 425–434. https://doi.org/10.24114/jtp.v8i2.3329

Hasibuan, H. A. (2022). Peran Modul Berbasis Kearifan Lokal Untuk Mendukung Pendidikan Merdeka Belajar. Mahesa Center, 1(1), 292–301. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.201

Haspen, C. D. T., Syafriani, S., & Ramli, R. (2021). Validitas E-Modul Fisika SMA Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Etnosains untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 5(1), 95–101. https://doi.org/10.24036/jep/vol5-iss1/548

Kartini, K. S., & Setiawan, I. K. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Tata Nama Iupac Senyawa Anorganik Berbasis Android. JIPP: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 238–245.

Kemendikbud. 2017. Panduan Praktis Penyusunan Modul Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA.

Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas pengembangan e-modul project based learning pada mata pelajaran instalasi motor listrik. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3), 306–315. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/download/21840/13513

Lailiah, I., Wardani, S., & Edi Sutanto, D. (2021). Implementasi Guided Inquiry Berbantuan E-LKPD Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Redoks Tata Nama Senyawa Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(1), 2792–2801.

Maharani, F., & Yerimadesi, Y. (2022). Pengembangan E-Modul Sistem Koloid Berbasis Guided Discovery Learning Untuk Siswa Kelas XI SMA. Edukimia, 4(2), 048–053. https://doi.org/10.24036/ekj.v4.i2.a351

Manalu, B. S., Pernando, Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). PROSIDING PENDIDIKAN DASAR URL: https://journal.mahesacenter.org/index.php/ppd/index Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. 1, 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174

Muna Lia, R., Udaibah, W., & Mulyatun. (2016). Unnes Science Education Journal Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berorientasi Etnosains Dengan Mengangkat Budaya Batik Pekalongan Info Artikel. Unnes Science Education Journal, 5(3), 1418–1423. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej

Nengsih, N. R., Yusmaita, E., & Gazali, F. (2019). Evaluasi Validitas Konten dan Konstruk Bahan Ajar Asam Basa Berbasis REACT. EduKimia, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.24036/ekj.v1i1.104017

Nesri, F. D. P., & Kristanto, Y. D. (2020). Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 480. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2925

Nofiana, M. (2020). Pengaruh Model Guided Discovery Learning Terhadap High Order Thinking Skills Siswa Kelas Xi. BIO EDUCATIO : (The Journal of Science and Biology Education), 5(1), 1–10. https://doi.org/10.31949/be.v5i1.1595

Permatasari, H. C. (2018). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Make a Match Berbantuan Modul Dalam Materi Tata Nama Senyawa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(4), 1–10.

Permatasari, W., & Yerimadesi, Y. (2020). Analisis Validitas dan Praktikalitas dari Modul Minyak Bumi Berbasis Guided Discovery Learning. Edukimia, 2(1), 25–31. https://doi.org/10.24036/ekj.v2.i1.a118

Pertiwi, U. D., & Rusyda Firdausi, U. Y. (2019). Upaya Meningkatkan Literasi Sains Melalui Pembelajaran Berbasis Etnosains. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 2(1), 120–124. https://doi.org/10.31002/nse.v2i1.476

Plomp, T., & Nieven, N. (2010). An Introduction to Educational Design Research. Netherlands: Institute for curriculum development.

Priadi, M. A., Riyanda, A. R., & Purwanti, D. (2021). Pengaruh Model Guided Discovery Learning Berbasis E-Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. IKRA-ITH HUMANIORA : Jurnal Sosial dan Humaniora, 5(2), 1–13. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/view/959

Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan media pembelajaran fisika menggunakan modul cetak dan modul elektronik pada siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 17–25. http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika

Rahayu, R., & Ismawati, R. (2022). Jurnal Pendidikan MIPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(September), 682–689.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal basicedu, 6(4), 6313–6319.

Ranti Gusti Rahayu, & Yerimadesi. (2022). Efektivitas Modul Stoikiometri Berbasis Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 425–430. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.626

Ririn, & Firda. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Terintegrasi Etnosains pada Materi Sistem Peredaran Darah untuk Siswa Kelas VIII SMP/MTs. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(4), 971–981. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i4.720

Riza, M., Firmansyah, R. A., Zammi, M., & Djuniadi, D. (2020). Pengembangan Modul Kimia Berbasis Kearifan Lokal Kota Semarang Pada Materi Larutan Asam dan Basa. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 4(1), 25–38. https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jipva/article/view/1025

Said, E. Y. F., & Yerimadesi, Y. (2021). Efektivitas Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Edukimia, 3(1), 004–008. https://doi.org/10.24036/ekj.v3.i1.a154

Samsinar, S. (2019). Urgensi Learning Resources ( Sumber Belajar ). Jurnal Kependidikan, 13, 194–205.

Smitha, V. P. (2012). Inquiry Training Model and Guided Discovery Learning for Fostering Critical

Sudarmo, Unggul (2022), IPA Kimia Untuk SMA/MA Kelas X (Kurikulum Merdeka). Surakarta: Erlangga

Sumarni, W. (2018). Etnosains Dalam Pembelajaran Kimi Prinsip, Pengembangan dan Implementasinya. Semarang: Pascasarjana UNNES

Utari, R., Andayani, Y., & Savalas, L. R. T. (2020). Pengembangan Modul Kimia Berbasis Etnosains Dengan Mengangkat Kebiasaan Petani Garam. Jurnal Pijar Mipa, 15(5), 478–481. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i5.2081

Utari, R., Andayani, Y., Savalas, L. R. T., & Anwar, Y. A. S. (2021). Pemanfaatan Hasil Pengembangan Modul Kimia Berbasis Etnosains Untuk Menanamkan Sikap Konservasi Lingkungan di Sekolah MAN 2 Lombok Tengah. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(1), 92–97. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i1.593

Wanti, R., & Yerimadesi, Y. (2019). Pengembangan Modul Ikatan Kimia Berbasis Guided Discovery Learning untuk Kelas X SMA. Edukimia, 1(1), 38–45. https://doi.org/10.24036/ekj.v1.i1.a5

Yerimadesi, Kiram, P. Y., & Lufri. (2017). BUKU MODEL Guided Discovery Learning untuk Pembelajaran Kimia (GDL-PK) SMA.

Yerimadesi, Y., Bayharti, B., Azizah, A., Lufri, L., Andromeda, A., & Guspatni, G. (2019). Effectiveness of acid-base modules based on guided discovery learning for increasing critical thinking skills and learning outcomes of senior high school student. Journal of Physics: Conference Series, 1185(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1185/1/012151

Yerimadesi, Y., Bayharti, B., & Oktavirayanti, R. (2018). Validitas Dan Praktikalitas Modul Reaksi Redoks dan Sel Elektrokimia Berbasis Guided Discovery Learning untuk SMA. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 2(1), 17. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss1/143

Yondriadi, Y., & Yerimadesi, Y. (2019). Pengembangan Modul Struktur Atom Berbasis Guided Discovery Learning untuk Kelas X SMA. Edukimia, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.24036/ekj.v1.i1.a2

Published
2023-06-07
How to Cite
Siska Handa Yani, & Yerimadesi Yerimadesi. (2023). Validitas dan Praktikalitas Modul Reaksi Kimia Berbasis Guided Discovery Learning Terintegrasi Etnosains untuk Fase E SMA. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(2), 436-444. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.986
Abstract viewed = 1422 times
PDF downloaded = 1599 times