Pengaruh Model Brain Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.37630/jpm.v9i1.129Keywords:
Brain Based Learning (BBL), kemampuan berpikir kritis siswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kota Bima semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII dengan sampel penelitian siswa kelas VIII-1 dan VIII-2 yang masing-masing berjumlah 37 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes serta instrumen pengumpulan data adalah tes kemampuan awal dan tes penguasaan materi operasi aljabar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Brain Based Learning (BBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.
Downloads
References
Jensen, E (2011). Pembelajaran berbasis otak: paradigma pengajaran baru (2^nded). (Penerjemah Drs. Benyamin Molan). Thousand Oaks, CA: Corwin Press. (Buku Asli diterbitkan tahn 2008).
Marin, L.M & Halpern, D.F. (2011). Pedagogy for developing critical thinking in dolescents: explicit instruction produces greatest gain. Journal. Thinking Skill and Creativity 1-13.
Mendikbu. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 54 tahun 2013, tentang Standar Kompetensi Lulusan.
Republik Indonesia. (2003). Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Ruggiero, V.R. (2012). Beyond feelings: a guide to critical thinking (9^thed). New York: The McGraw-Hill Companies. Inc.
Siercks, A.M. (2012). Understanding and achieving brain based instruction in the elementary clasroom: a qualitative study of strategies used by teachers. Thesis master, tidak diterbitkan. University of Central Florida, Orlando, Florida, Amerika Serikat.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.