Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Darul Hikmah Tente
DOI:
https://doi.org/10.37630/jpm.v9i1.130Keywords:
Numbered Heads Together, Prestasi BelajarAbstract
Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together pada siswa kelas VII.A semester I di MTs Darul Hikmah Tente. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Darul Hikmah Tente kelas VII.A yang berjumlah 33 siswa, terdiri dari 18 laki-laki dan 15 perempuan. Tiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan tes evaluasi berbentuk essay tiap akhir siklus. Ketuntasan belajar ≥85% merupakan indikator yang digunakan untuk mengetahui peningkatan terjadi. Hasil penelitian yang didapat adalah Siklus I; nilai rata-rata hasil belajar siswa 69,2 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 72,7%. Sedangkan pada Siklus II; nilai rata-rata hasil belajar siswa menjadi 74 dengan persentase ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 18,2% menjadi 90,9%. Hasil tersebut menunjukkan sudah tercapainya penelitian yang ditetapkan, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VII.A MTs Darul Hikmah Tente.
Downloads
References
Darwanto. (2007). Televisi sebagai Media Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Haryanto. (2010). Pengertian Prestasi Belajar.
http://belajarpsikologi.com/pengertian-prestasi-belajar/. [diakses 27-01-2012].
Ibrahim, M. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA University Press.
Isjoni. (2011). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Lie, Anita. (2002). Cooperative Learning Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.
Mandal, RR. (2009). Cooperative Learning Strategies to Enhance Writing Skill: The modern journal of applied linguistics (Online) Volume 1. http://mjal.org/journal/copp.pdf [diakses 27-01-2012].
Sanjaya. (2011). Pengertian Prestasi Belajar.
http://aadesanjaya.blogspot.com/2011/02/prestasi-belajar. [diakses 27-01-2012].
Syah, Muhibbin. (2008). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Rosdakarya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.