Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Darul Hikmah Tente

Authors

  • Suciyati Suciyati STKIP Taman Siswa Bima

DOI:

https://doi.org/10.37630/jpm.v9i1.130

Keywords:

Numbered Heads Together, Prestasi Belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together pada siswa kelas VII.A semester I di MTs Darul Hikmah Tente. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Darul Hikmah Tente kelas VII.A yang berjumlah 33 siswa, terdiri dari 18 laki-laki dan 15 perempuan. Tiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan tes evaluasi berbentuk essay tiap akhir siklus. Ketuntasan belajar ≥85% merupakan indikator yang digunakan untuk mengetahui peningkatan terjadi. Hasil penelitian yang didapat adalah Siklus I; nilai rata-rata hasil belajar siswa 69,2 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 72,7%. Sedangkan pada Siklus II; nilai rata-rata hasil belajar siswa menjadi 74 dengan persentase ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 18,2% menjadi 90,9%. Hasil tersebut menunjukkan sudah tercapainya penelitian yang ditetapkan, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VII.A MTs Darul Hikmah Tente.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aqib, Zainal. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.
Darwanto. (2007). Televisi sebagai Media Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Haryanto. (2010). Pengertian Prestasi Belajar.
http://belajarpsikologi.com/pengertian-prestasi-belajar/. [diakses 27-01-2012].
Ibrahim, M. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA University Press.
Isjoni. (2011). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Lie, Anita. (2002). Cooperative Learning Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.
Mandal, RR. (2009). Cooperative Learning Strategies to Enhance Writing Skill: The modern journal of applied linguistics (Online) Volume 1. http://mjal.org/journal/copp.pdf [diakses 27-01-2012].
Sanjaya. (2011). Pengertian Prestasi Belajar.
http://aadesanjaya.blogspot.com/2011/02/prestasi-belajar. [diakses 27-01-2012].
Syah, Muhibbin. (2008). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Rosdakarya.

Downloads

Published

2019-06-30