Penggunaan Open Ended untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA
DOI:
https://doi.org/10.37630/jpm.v9i1.154Keywords:
Open Ended, KreativitasAbstract
Terdapat beberapa permaslahan yang peneliti temukan sebagi dosen pengampu seperti Kreativitas mahasiswa dalam menyelesaikan masalah masih rendah serta kemampuan pemecahan masalah masih kurang sehingga penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pembelajaran open-ended untuk meningkatkan kreativitas belajar dan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa pada mata kuliah Konsep Dasar IPA SD pada jurusan PGSD di STKIP Taman Siswa Bima. Jenis penelitian ini adalah penelitian ekperimen. Adapun desain penelitian adalah pemberian pre test sebelum perlakukan dan postest setelah perlakuan. Pengambilan sampel dilakukan secara random sapling. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah intrumen tes dan angket. Penganalisian data menggunakan uji-t pada tarf signifikan 5%. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS. 16 dengan jenis uji independen test didapat nilai t hitung (equal variance assumed) adalah 11,14 yang lebih besar dari t tabel (2,39). Sehingga dapat disimpulkan bahwa open ended berpengaruh terhadap kreativitas.
Downloads
References
Arsad HS, Dwi NS, Winanda Marito. 2013. Pendekatan Open Ended Problem. Prosiding Seminar Nasional.
Munandar, Utami (1999) Kreativitas dan Keberbakatan, Strategi Mewujudkan
Potensi Kreatif dan Bakat, Jakarta: Gramedia
Rosmawati, dkk. Kemmapuan pemecahan masalah dan lembar kerja siswa berbasis problem solving. Jurnal pendidikan matematika vol.1 nomor 1. [Online]. Tersedia di:
http://ejournal.unp.ac.id/pmat/article/download/1227/. Diunduh pada tanggal 23 Juli 2018.
Suherman, Erman dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.