Peningkatan Keterampilan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar dengan Menerapkan Strategi Everyone Is a Teacher Here dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VA SDN 55 Dara Kota Bima Tahun Pelajaran 2018/2019

Authors

  • Fitri Angriani STKIP Taman Siswa Bima
  • Nurrahmah Nurrahmah STKIP Taman Siswa Bima

DOI:

https://doi.org/10.37630/jpm.v9i1.166

Keywords:

Keterampilan Berfikir Kritis, Hasil Belajar, Everyone Is A Teacher Here

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan berfikir kritis dan hasil belajar siswa serta untuk mengetahui respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkakn strategi Everyone Is A Teacher Here pada pembelajaran Matematika. Peneliti menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Subyek dan lokasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 55 Kota Bima yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari Silabus, RPP, Lembar Kerja Siswa, Lembar Observasi, Lembar kuesioner dan Lembar Tes evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berfikir kritis dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan selama dua siklus dengan masing-masing persentase ketuntasan mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan. Pembelajaran dengan menerapkan strategi Everyone Is A Teacher Here pada pembelajaran Matematika mendapat respon positif dari siswa sehingga layak diterapkan oleh guru. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asriyadin, A., Puspitasari, I., & Susilawati, E. (2018). Pengaruh Penggunaan Software Phet Sebagai Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 1 Palibelo Tahun Ajaran 2017/2018. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 8(1), 29-38.

Daryoto. 2014. “Penerapan Metode Everyone is A Teacher Here dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Keaktivan Siswa Kelas VA SDN Sumberarum 1 Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang”. Disertasi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Program Imu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Kemmis, Stephen & Mc. Taggart, Robin. 1988. The Action Research Planner. Victoria: Deaken University.

Magfiroh, I. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Dengan Strategi Setiap Siswa Berperan Sebagai Guru (Everyone is a Teacher Here)Pada Materi Perpindahan Kalor Di Kelas X SMA Negeri 1. Mojokerto. PGSD Universitas Negeri Surabaya (Tidak Diterbitkan).

Pratomo, E. N., Rosyidi, A., & Karyanto, P. (2012). Hasil Belajar Biologi Ranah Kognitif Ditinjau Dari Model Every One is a Teacher Here Dan Minat Belajar Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1 Sukoharjo. Jurnal Pendidikan Biologi, 4(3), 67–72.

Rini Astuti. 2014. “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika dengan Strategi Everyone is A Teacher Here Berbantuan Media Interaktif Kelas IVC SDN Ngaliyan 01 Semarang. Disertasi tidak diterbitkan. Semarang: Program Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Samatowa, U. (2011). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Indeks.

Silberman, M. (2013). Pembelajaran Aktif 101 Strategi Untuk Mengajar Secara Aktif. Jakarta: PT. Indeks

Silberman, Mel. 2010. 101 Cara Pelatihan dan Pembelajaran Aktif Edisi Kedua. Jakarta: Pfreiffer PT Indeks.

Suprijono, A. (2011). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Wahyuni, Sri. 2015. Pengembangan bahan Ajar IPA untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jurnal materi dan pembelajaran fisiska, Volume 5 nomor 2 2015 ISSN: 2089-6158, Universitas Jember, diakses pada tanggal 10 Oktober 2017 di Makassar.

Yuni Rahayu. 2015. “Penerapan Model Everyone is A Teacher Here untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SD Negeri Tumiyang Kabupaten Banyumas”. Disertasi tidak diterbitkan. Semarang: Program Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Zaini, H. dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Downloads

Published

2019-06-30