Peningkatan Keterampilan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar dengan Menerapkan Strategi Everyone Is a Teacher Here dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VA SDN 55 Dara Kota Bima Tahun Pelajaran 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.37630/jpm.v9i1.166Keywords:
Keterampilan Berfikir Kritis, Hasil Belajar, Everyone Is A Teacher HereAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan berfikir kritis dan hasil belajar siswa serta untuk mengetahui respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkakn strategi Everyone Is A Teacher Here pada pembelajaran Matematika. Peneliti menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Subyek dan lokasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 55 Kota Bima yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari Silabus, RPP, Lembar Kerja Siswa, Lembar Observasi, Lembar kuesioner dan Lembar Tes evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berfikir kritis dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan selama dua siklus dengan masing-masing persentase ketuntasan mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan. Pembelajaran dengan menerapkan strategi Everyone Is A Teacher Here pada pembelajaran Matematika mendapat respon positif dari siswa sehingga layak diterapkan oleh guru.
Downloads
References
Asriyadin, A., Puspitasari, I., & Susilawati, E. (2018). Pengaruh Penggunaan Software Phet Sebagai Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 1 Palibelo Tahun Ajaran 2017/2018. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 8(1), 29-38.
Daryoto. 2014. “Penerapan Metode Everyone is A Teacher Here dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Keaktivan Siswa Kelas VA SDN Sumberarum 1 Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang”. Disertasi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Program Imu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Kemmis, Stephen & Mc. Taggart, Robin. 1988. The Action Research Planner. Victoria: Deaken University.
Magfiroh, I. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Dengan Strategi Setiap Siswa Berperan Sebagai Guru (Everyone is a Teacher Here)Pada Materi Perpindahan Kalor Di Kelas X SMA Negeri 1. Mojokerto. PGSD Universitas Negeri Surabaya (Tidak Diterbitkan).
Pratomo, E. N., Rosyidi, A., & Karyanto, P. (2012). Hasil Belajar Biologi Ranah Kognitif Ditinjau Dari Model Every One is a Teacher Here Dan Minat Belajar Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1 Sukoharjo. Jurnal Pendidikan Biologi, 4(3), 67–72.
Rini Astuti. 2014. “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika dengan Strategi Everyone is A Teacher Here Berbantuan Media Interaktif Kelas IVC SDN Ngaliyan 01 Semarang. Disertasi tidak diterbitkan. Semarang: Program Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.
Samatowa, U. (2011). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Indeks.
Silberman, M. (2013). Pembelajaran Aktif 101 Strategi Untuk Mengajar Secara Aktif. Jakarta: PT. Indeks
Silberman, Mel. 2010. 101 Cara Pelatihan dan Pembelajaran Aktif Edisi Kedua. Jakarta: Pfreiffer PT Indeks.
Suprijono, A. (2011). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Wahyuni, Sri. 2015. Pengembangan bahan Ajar IPA untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jurnal materi dan pembelajaran fisiska, Volume 5 nomor 2 2015 ISSN: 2089-6158, Universitas Jember, diakses pada tanggal 10 Oktober 2017 di Makassar.
Yuni Rahayu. 2015. “Penerapan Model Everyone is A Teacher Here untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SD Negeri Tumiyang Kabupaten Banyumas”. Disertasi tidak diterbitkan. Semarang: Program Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.
Zaini, H. dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.