Membentuk Keterampilan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Model Brain Based Learning Ditinjau Dari Penalaran Induktif

Authors

  • Rendy Permana LP3I Cikarang
  • Adi Apriadi Adiansha STKIP Taman Siswa Bima

DOI:

https://doi.org/10.37630/jpm.v9i1.177

Keywords:

Berpikir Kritis, Penalaran Induktif, Brain Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membentuk ketempilan berpikir krtiis siswa melalui model brain based learning ditinjau dari penalaran induktif. Penelitian ini dilakukan pada siswa SDN Pantai Harapan Jaya 01 Bekasi. Metode yang digunakan metode eksperimen dengan desain treatment by level 2 x 2. Teknik analsis data adalah analisis varians dua jalur (ANAVA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Keterampilan berpikir kritis pada kelompok siswa yang diberi model brain based learning lebih tinggi dibandingkan keterampilan berpikir kritis pada kelompok siswa yang diberi model pembelajaran ekpositori, 2) Terdapat pengaruh interaksi antara model brain based learning dan pembelajaran ekpositori terhadap pembentukan keterampilan berpikir kritis yang ditinjau dari kemampuan penalaran induktif, 3) Bagi siswa yang memiliki kemampuan penalaran induktif tinggi, keterampilan berpikir kritis antara kelompok yang diajarkan model brain based learning lebih tinggi dibandingkan kelompok siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran ekpositori, dan 4) Bagi siswa yang memiliki kemampuan penalaran induktif rendah, keterampilan berpikir kritis antara kelompok yang diajar menggunakan model brain based learning lebih rendah dibandingkan kelompok siswa yang diberi model pembelajaran ekpositori

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiansha, A. A., & Sumantri, M. S. (2017). The Effect of Brain Based Learning Model and Creative Thinking on the Ability of Mathematics Concept of Elementary Students. 5(12), 1195–1199. https://doi.org/10.12691/education-5-12-4

As’ri, A. R. (2016). Vaiasi Konstruk dalam Pembelajaran Matematika. Malang: CV. Bintang Sejarah.

Gurria, A. (2016). PISA 2015 Results in Focus. In PISA Result in Focus 2015. https://doi.org/10.1787/9789264266490-en

Jamraris, M. (2015). Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan (R. Sikumbang, ed.). Bogor: Ghalia Indonesia.

Jauhari, A. L. R. (2016). Penggunaan Pembelajaran Dengan Pendekatan Brain Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Jurnal Unpas.

Jensen, E. (2011). Brain Based Learning. Jakarta: PT. Indeks.

Kurniawan, H. (2016). EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS. Prosiding Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika, ISBN: 978-(November), 47–56.

NCES, I. (2016). Highlights From TIMSS and TIMSS Advanced 2015. Washintong, DC 20202: Departement of Education.

Widiana, I. W., Bayu, G. W., & Jayanta, I. N. L. (2017). Pembelajaran Berbasis Otak (Brain Based Learning), Gaya Kognitif Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Mahasiswa. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 1–15. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.8562

Downloads

Published

2019-06-30