Membentuk Keterampilan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Model Brain Based Learning Ditinjau Dari Penalaran Induktif
DOI:
https://doi.org/10.37630/jpm.v9i1.177Keywords:
Berpikir Kritis, Penalaran Induktif, Brain Based LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk membentuk ketempilan berpikir krtiis siswa melalui model brain based learning ditinjau dari penalaran induktif. Penelitian ini dilakukan pada siswa SDN Pantai Harapan Jaya 01 Bekasi. Metode yang digunakan metode eksperimen dengan desain treatment by level 2 x 2. Teknik analsis data adalah analisis varians dua jalur (ANAVA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Keterampilan berpikir kritis pada kelompok siswa yang diberi model brain based learning lebih tinggi dibandingkan keterampilan berpikir kritis pada kelompok siswa yang diberi model pembelajaran ekpositori, 2) Terdapat pengaruh interaksi antara model brain based learning dan pembelajaran ekpositori terhadap pembentukan keterampilan berpikir kritis yang ditinjau dari kemampuan penalaran induktif, 3) Bagi siswa yang memiliki kemampuan penalaran induktif tinggi, keterampilan berpikir kritis antara kelompok yang diajarkan model brain based learning lebih tinggi dibandingkan kelompok siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran ekpositori, dan 4) Bagi siswa yang memiliki kemampuan penalaran induktif rendah, keterampilan berpikir kritis antara kelompok yang diajar menggunakan model brain based learning lebih rendah dibandingkan kelompok siswa yang diberi model pembelajaran ekpositori
Downloads
References
Adiansha, A. A., & Sumantri, M. S. (2017). The Effect of Brain Based Learning Model and Creative Thinking on the Ability of Mathematics Concept of Elementary Students. 5(12), 1195–1199. https://doi.org/10.12691/education-5-12-4
As’ri, A. R. (2016). Vaiasi Konstruk dalam Pembelajaran Matematika. Malang: CV. Bintang Sejarah.
Gurria, A. (2016). PISA 2015 Results in Focus. In PISA Result in Focus 2015. https://doi.org/10.1787/9789264266490-en
Jamraris, M. (2015). Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan (R. Sikumbang, ed.). Bogor: Ghalia Indonesia.
Jauhari, A. L. R. (2016). Penggunaan Pembelajaran Dengan Pendekatan Brain Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Jurnal Unpas.
Jensen, E. (2011). Brain Based Learning. Jakarta: PT. Indeks.
Kurniawan, H. (2016). EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS. Prosiding Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika, ISBN: 978-(November), 47–56.
NCES, I. (2016). Highlights From TIMSS and TIMSS Advanced 2015. Washintong, DC 20202: Departement of Education.
Widiana, I. W., Bayu, G. W., & Jayanta, I. N. L. (2017). Pembelajaran Berbasis Otak (Brain Based Learning), Gaya Kognitif Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Mahasiswa. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 1–15. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.8562
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.