Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model PBL Berbasis STEM untuk Melatih Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa Tuna Netra

  • Fitria Sarnita STKIP Taman Siswa Bima
  • Ainun Fitriani STKIP Taman Siswa Bima
  • Widia MA Alfalah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis STEM dan mempermudah guru dalam menyampaikan materi dan memberikan pemahaman sekaligus melatih keterampilan berikir kreatif siswa tuna netra. Selain dari itu mempermudah guru dalam menyampaikan materi yang abstrak kepada siswa tuna netra. Penelitian ini menggunakan penelitian R &D (Research and Development). Instrumen yang diguakan dalam penelitian ini adalah Lembar keterlaksanaan RPP, Lembar Pegamatan Aktivitas Siswa, Lembar Respon siswa, Soal berfikir Kreatif siswa tuna netra. Hasil Analisis Validasi validasi RPP berada pada skala 3,307 dengan kategori valid, LKS berada pada skala 3,5 dengan kategori valid, lembar pengamatan aktivitas siswa berada pada skala 3,3 dengan kategori valid, lembar respon siswa berada pada skala 3,5 dengan kategori valid, sedangkan untuk soal berpikir kreatif berada pada skala 3,6 dengan kategori sangat valid.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: LKS, STEM, Keterampilan berfikir Kreatif Siswa

References

Adams K. (2005) The Sources of Innovation and Creativity. National Center on Education and the Economy (NCEE)

Arends, R. I. (2012). Learning to Teach: Belajar untuk mengajar edisi Ketujuh Buku Satu. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Arifah Purnamaningrum dkk, 2012. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X-10 SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Pendidikan Biologi Vol. 4, No. 3, hal 39-51.

Becker, K., & Park, K. 2011. Effects of integrative approaches among science, technology, engineering, and mathematics (STEM) subjects on students' learning: A preliminary meta analysis. Journal of STEM Education: Innovations and Research, 12(5/6), 23.

Borich, Gray D. (1994). Observation Skill for Effective Teaching. New York:Macmillan Publishing Company

Dennis, K. & Filasaime, (2008). Menguak Rahasia bepikir Kritis dan Kreatif. Jakarta; Prestasi Pustakaraya.

Fitria Sarnita & Andy Eddy (2018). Prototype Benda Langit Siswa Tuna Netra Dalam membentuk Pemahaman Konsep Materi Tata Surya. Bima. Jurnal Gravity Edu 2(1). 25. https://doi.org/10.33627/ge.v2i2.153.

Gall, M.D., Gall, J.P., & Borg, W.R., Educational Research an Education Seventh Edition, Pearson Education, Inc, 2003.

Kaymakci, S. 2012. A Review of Studies on Worksheets in Turkey. US-China

Education Review A 1. 57-64.

Kemendikbud.(2013). Kurikulum 2013. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan.

Khanafiyah, S & Rusilowati, A. (2010). Penerapan Pendekatan Modified Free Inquiry sebagai Upaya Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa Calon Guru dalam Mengembangkan Jenis Eksperimen dan Pemahaman Terhadap Materi Fisika. Jurnal Berkala Pendidikan, Universitas Negeri Semarang.Vol. 13. No. 2, pp 7-17.

Nur, M. (2014). Berpikir Kreatif. Surabaya: Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi UNESA.

Mujakir. (2016). Strategi Pembelajaran Berdasarkan Multi Level Representasi untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Kimia Bagi Mahasiswa Calon Guru. Disertasi_tidak dipuplikasikan. Surabaya: Pasca Sarjana Unesa.

Sanders, M., Hyuksoo. K., Kyungsuk, P. & Hyonyong, L. 2011. Integrative

STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Education:

Contemporary Trends and Issues. Secondary Education 59, 729-762.

Satriawan. M., Murtalib & Widia (2018.a) Pengambangan Perangkat Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMAN 1 Ambalawi. Prosiding Seminar Nasional 29 September 2018. Mataram: Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.

--------------------------------------------------------------- (2018.b) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Karakter Maja Labo Dahu untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika (Gravity Edu). Vol. 1, No. 2. hal. 220-224.

Published
2019-06-30
How to Cite
Fitria Sarnita, Ainun Fitriani, & Widia. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model PBL Berbasis STEM untuk Melatih Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa Tuna Netra. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 9(1), 38-44. https://doi.org/10.37630/jpm.v9i1.180
Abstract viewed = 558 times
PDF downloaded = 525 times