Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model PBL Berbasis STEM untuk Melatih Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa Tuna Netra
DOI:
https://doi.org/10.37630/jpm.v9i1.180Keywords:
LKS, STEM, Keterampilan berfikir Kreatif SiswaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis STEM dan mempermudah guru dalam menyampaikan materi dan memberikan pemahaman sekaligus melatih keterampilan berikir kreatif siswa tuna netra. Selain dari itu mempermudah guru dalam menyampaikan materi yang abstrak kepada siswa tuna netra. Penelitian ini menggunakan penelitian R &D (Research and Development). Instrumen yang diguakan dalam penelitian ini adalah Lembar keterlaksanaan RPP, Lembar Pegamatan Aktivitas Siswa, Lembar Respon siswa, Soal berfikir Kreatif siswa tuna netra. Hasil Analisis Validasi validasi RPP berada pada skala 3,307 dengan kategori valid, LKS berada pada skala 3,5 dengan kategori valid, lembar pengamatan aktivitas siswa berada pada skala 3,3 dengan kategori valid, lembar respon siswa berada pada skala 3,5 dengan kategori valid, sedangkan untuk soal berpikir kreatif berada pada skala 3,6 dengan kategori sangat valid.
Downloads
References
Adams K. (2005) The Sources of Innovation and Creativity. National Center on Education and the Economy (NCEE)
Arends, R. I. (2012). Learning to Teach: Belajar untuk mengajar edisi Ketujuh Buku Satu. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Arifah Purnamaningrum dkk, 2012. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X-10 SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Pendidikan Biologi Vol. 4, No. 3, hal 39-51.
Becker, K., & Park, K. 2011. Effects of integrative approaches among science, technology, engineering, and mathematics (STEM) subjects on students' learning: A preliminary meta analysis. Journal of STEM Education: Innovations and Research, 12(5/6), 23.
Borich, Gray D. (1994). Observation Skill for Effective Teaching. New York:Macmillan Publishing Company
Dennis, K. & Filasaime, (2008). Menguak Rahasia bepikir Kritis dan Kreatif. Jakarta; Prestasi Pustakaraya.
Fitria Sarnita & Andy Eddy (2018). Prototype Benda Langit Siswa Tuna Netra Dalam membentuk Pemahaman Konsep Materi Tata Surya. Bima. Jurnal Gravity Edu 2(1). 25. https://doi.org/10.33627/ge.v2i2.153.
Gall, M.D., Gall, J.P., & Borg, W.R., Educational Research an Education Seventh Edition, Pearson Education, Inc, 2003.
Kaymakci, S. 2012. A Review of Studies on Worksheets in Turkey. US-China
Education Review A 1. 57-64.
Kemendikbud.(2013). Kurikulum 2013. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan.
Khanafiyah, S & Rusilowati, A. (2010). Penerapan Pendekatan Modified Free Inquiry sebagai Upaya Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa Calon Guru dalam Mengembangkan Jenis Eksperimen dan Pemahaman Terhadap Materi Fisika. Jurnal Berkala Pendidikan, Universitas Negeri Semarang.Vol. 13. No. 2, pp 7-17.
Nur, M. (2014). Berpikir Kreatif. Surabaya: Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi UNESA.
Mujakir. (2016). Strategi Pembelajaran Berdasarkan Multi Level Representasi untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Kimia Bagi Mahasiswa Calon Guru. Disertasi_tidak dipuplikasikan. Surabaya: Pasca Sarjana Unesa.
Sanders, M., Hyuksoo. K., Kyungsuk, P. & Hyonyong, L. 2011. Integrative
STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Education:
Contemporary Trends and Issues. Secondary Education 59, 729-762.
Satriawan. M., Murtalib & Widia (2018.a) Pengambangan Perangkat Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMAN 1 Ambalawi. Prosiding Seminar Nasional 29 September 2018. Mataram: Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.
--------------------------------------------------------------- (2018.b) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Karakter Maja Labo Dahu untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika (Gravity Edu). Vol. 1, No. 2. hal. 220-224.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.