Desain Modul Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Mind Mapping

Authors

  • Arif Hidayad STKIP Taman Siswa Bima
  • Andy Eddy STKIP Taman Siswa Bima

DOI:

https://doi.org/10.37630/jpm.v9i1.184

Keywords:

Desain Modul PBL, Mind Mapping, ADDIE, Validasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa Desain Modul pada matakuliah Metodologi Penelitian. Materi Desain Modul yang dikembangkan selalu dikaitkan dengan fakta dan masalah di sekitar yang akan dijadikan sebagai dasar bagi mahasiswa dalam mengangkat tema penelitian. Agar terarah dan jelas, materi Desain Modul dikembangkan berbasis “mind mapping” yaitu penjelasan yang saling terkait antara setiap kata, definisi, bagian-bagian, fungsi dan manfaat. Metode penelitian menggunakan model ADDIE yaitu dengan mengambil 3 langkah awal yaitu Analisis, Design dan Development. Penelitian dilaksanakan di STKIP Taman Siswa Bima dengan responden Kaprodi Pendidikan Matematika dan 3 orang ahli sebagai validator yaitu ahli materi, ahli bahasa dan ahli desain. Hasil penelitian didasarkan pada 3 hal yaitu analisis kebutuhan, perancangan blue print dan validasi ahli. Hasil analisa kebutuhan menunjukkan bahwa sangat penting dikembangkan Desain Modul untuk setiap matakuliah khususnya metodologi penelitian sebagai salah satu sumber belajar bagi mahasiswa. Materi yang dikembangkan terdiri dari 6 sub Modul yang disertakan tugas bagi mahasiswa di setiap sub modulnya. Dari penilaian 3 ahli, Desain Modul yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan sesuai dengan kebutuhan matakuliah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asriyadin. (2017). Panduan Penulisan Jurnal STKIP Taman Siswa Bima. Bima: LPPM Taman Siswa Bima.
Buzan, Tony. 2012. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.
Chomsin S. Widodo, Jasmadi. 2008. Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gramedia.
Daryanto. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar) Yogyakarta: Gava Media.
Depdiknas.2005. Panduan Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Direktorat PPTK dan KPT Dirjen Dikti
Femi Olivia. 2010. Visual Mapping. Jakarta: PT. Elex Media Komputendo.
Pollit, David. 2003. Mind Mapping your way to a better career. Journal of Career Development International, Vol.8 Iss 5 pp.253-256.
Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Puskurbuk. (2012). Pergeseran paradigma belajar abad 21. Retrieved August 1, 2015, from http://www.puskurbuk.org
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara
Yatim Riyanto. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada

Downloads

Published

2019-06-30