Desain Modul Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Mind Mapping
DOI:
https://doi.org/10.37630/jpm.v9i1.184Keywords:
Desain Modul PBL, Mind Mapping, ADDIE, ValidasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa Desain Modul pada matakuliah Metodologi Penelitian. Materi Desain Modul yang dikembangkan selalu dikaitkan dengan fakta dan masalah di sekitar yang akan dijadikan sebagai dasar bagi mahasiswa dalam mengangkat tema penelitian. Agar terarah dan jelas, materi Desain Modul dikembangkan berbasis “mind mapping” yaitu penjelasan yang saling terkait antara setiap kata, definisi, bagian-bagian, fungsi dan manfaat. Metode penelitian menggunakan model ADDIE yaitu dengan mengambil 3 langkah awal yaitu Analisis, Design dan Development. Penelitian dilaksanakan di STKIP Taman Siswa Bima dengan responden Kaprodi Pendidikan Matematika dan 3 orang ahli sebagai validator yaitu ahli materi, ahli bahasa dan ahli desain. Hasil penelitian didasarkan pada 3 hal yaitu analisis kebutuhan, perancangan blue print dan validasi ahli. Hasil analisa kebutuhan menunjukkan bahwa sangat penting dikembangkan Desain Modul untuk setiap matakuliah khususnya metodologi penelitian sebagai salah satu sumber belajar bagi mahasiswa. Materi yang dikembangkan terdiri dari 6 sub Modul yang disertakan tugas bagi mahasiswa di setiap sub modulnya. Dari penilaian 3 ahli, Desain Modul yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan sesuai dengan kebutuhan matakuliah.
Downloads
References
Buzan, Tony. 2012. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.
Chomsin S. Widodo, Jasmadi. 2008. Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gramedia.
Daryanto. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar) Yogyakarta: Gava Media.
Depdiknas.2005. Panduan Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Direktorat PPTK dan KPT Dirjen Dikti
Femi Olivia. 2010. Visual Mapping. Jakarta: PT. Elex Media Komputendo.
Pollit, David. 2003. Mind Mapping your way to a better career. Journal of Career Development International, Vol.8 Iss 5 pp.253-256.
Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Puskurbuk. (2012). Pergeseran paradigma belajar abad 21. Retrieved August 1, 2015, from http://www.puskurbuk.org
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara
Yatim Riyanto. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.