Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 di SDN Talabiu Kabupaten Bima NTB

Authors

  • Sri Lastuti STKIP Taman Siswa Bima
  • Anisah Anisah STKIP Taman Siswa Bima

DOI:

https://doi.org/10.37630/jpm.v9i1.216

Keywords:

Evaluasi, Kurikulum 2013, Implementasi.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kurikulum 2013 di SDN Talabiu kabupaten Bima yang terdiri dari implementasi perencanaan, pelaksanaan proses pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan kendala-kendala yang dihadapi guru dalam implementasi kurikulum 2013. Metode evaluasi yang digunakan adalah model Countenan Stake yang membagi komponen kurikulum dalam matrik observasi dan matrik pertimbangan meliputi tahap pendahuluan (antecedent), proses (transaction), dan hasil (outcomes). Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan Mixed Method. Data hasil wawancara dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, sedangkan data hasil observasi dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif  kuantitatif sesuai kriteria yang telah ditentukan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kesiapan sekolah yang dilihat dari ketersediaan Buku, kesiapan dokumen RPP dan kesiapan guru sebagai tenaga pengajar  tergolong dalam kategori baik (telah sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah). Pelaksanaan proses pembelajaran termasuk dalam kategori baik. Implementasi penilaian autentik dan respon siswa dalam proses pembelajaran sudah menunjukkan respon yang positif. Meski demikian implementasi kurikulum 2013 pada ke-Tiga aspek tersebut harus selalu ditingkatkan agar ketercapaian termasuk pada kriteria sangat Baik. Kendala yang dihadapi guru dalam implementasi kurikulum 2013 sangat beragam mulai dari permasalahan terkait persiapan pembelajaran, permasalahan dalam proses pembelajaran hingga pada aspek penilaian otentik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asep Jihad & Abdul Haris. (2010). Evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Dimas Qondias, Pelipus Wunggo Kaka dan Maria Infiolata. 2018. studi evaluasi kurikulum 2013 tingkat sekolah dasar di wilayah timur indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa Volume 4, Nomor 1, April 2018. https://repository.usd.ac.id/7229/2/132222211_full.pdf. Diakses pada tanggal 5 januari 2019
Djemari Mardapi. (2008). Teknik penyusunan instrumen tes dan non tes. Yogyakarta: Mitra Cendekia Press.
Dwi Faquziyyatul Laely. 2016. Evaluasi pelaksanaan kurikulum 2013 di SDN Petompon 01 Kecamatan gajah mungkur Kota semarang. https://lib.unnes.ac.id/24548/1/1102411008.pdf. Artikel.
E. Mulyasa. (2005). Standar kompetensi dan sertifikasi guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Fitzpatrick, J.L., Sanders, J.R & Worthen, B.R. (2011). Program evaluation: Alternative approaches and practical guidelines. New Jersey: Perarson Education Inc.
Indri Noviatmi. 2015. Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 Kelas I & IV SD di Kabupaten magelang tahun pelajaran2014/2015. http://eprints.uny.ac.id/24022/7/tesis-andri-noviatmi-13712259001.pdf
Sanders, R. & Sullins, D.C. (2006). Evaluating school programs: An educator’s guide. California: Corwin Press.
Sri Budiani, Sudarmin & Rodia Syamwil. 2017. Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Pelaksana Mandiri. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology IJCET 6 (1) (2017) : 45 – 57.https://journal. Unnes.ac.id/sju/index.php/ujet/article/view/15998. Diakses pada tanggal 5 januari 2019.
Sri Lastuti & Amat Jaedun. 2013. Evaluasai Pelaksanaan Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) di Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Universitas Terbuka (UT) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tahun 2013. Jurnal Kependidikan (Volume 44, Nomor 1 Mei 2014, ISSN. 0125-992X).

Downloads

Published

2019-12-30