Pengaruh Metode Reciprocal Teaching terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Kelas X di SMA Kae Woha Tahun Pelajaran 2017/2018

  • Nurhayati Sarib STKIP Taman Siswa Bima
  • Mariamah Mariamah STKIP Taman Siswa Bima
  • Muslim Muslim STKIP Taman Siswa Bima
  • Fatmah Fatmah STKIP Taman Siswa Bima

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Reciprocal Teaching terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X di SMA KAE Woha tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen (Eksperimen Semu). Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA KAE Woha yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas X MIA/IPA-I sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA/IPA-2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif adalah soal esay. Kriteria pengujiannya adalah H0 ditolak jika thitung ≥ ttabel atau nilai signifikansi lebih kecil 0,05 pada taraf sinikansi α =5%. Hasil Uji hipotesis menggunakan bantuan program SPSS 16 for window menunjukkan nilai t = 4,128 atau nilai signifikansi sebesar 0,000. Jika dikaitkan dengan nilai signifikansi 0,05 dan nilai t hitung maka Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode reciprocal teaching terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Reciprocal Teaching, Berpikir Kreatif Siswa

References

Fatmah, F., & Rahman, A. (2017). pembelajaran Langsung Berbantuan Media Gambar Fotografi untuk Membantu Mahasiswa Membangun Konsep Himpunan. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 3 (2), 249-258.
Nasution. 2008. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara .
Semiawan, Cony. 1987. Memupuk Bakat dan Kreativitas Siswa Sekolah Menengah. Jakarta: Gramedia
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. (Cet. XV). Bandung: PT. Ramaja Rosdakarya. Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.
Siswono. 2007. Penjenjangan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Identifikasi Tahap Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan dan Mengajukan Masalah Matematika, hal. 1,[online]: http://tatagyes.wordpress.com/abstrak-disertasi/. diakses 23 Juli 2013
Suryadi, Didi & Tatang Herman. 2008. Eksplorasi Matematika Pembelajaran Pemecahan Masalah. Jakarta: Karya Duta Wahana
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Inovatif berorentasi kontruktivistis. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Published
2018-06-30
How to Cite
Nurhayati Sarib, Mariamah, M., Muslim, M., & Fatmah, F. (2018). Pengaruh Metode Reciprocal Teaching terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Kelas X di SMA Kae Woha Tahun Pelajaran 2017/2018. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 8(1), 45-51. https://doi.org/10.37630/jpm.v8i1.55
Abstract viewed = 126 times
PDF downloaded = 163 times